تطوير مواد تعليم اللغة العربية لمهارة الكلام بالطريقة المباشرة للصف السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية الثالثة سيرانج بنتن

Hapid, Nurul (2024) تطوير مواد تعليم اللغة العربية لمهارة الكلام بالطريقة المباشرة للصف السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية الثالثة سيرانج بنتن. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PBA_202650001_Cover.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (737kB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (866kB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Teks
T_PBA_202650001_Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam Maharah Alkalam Bahasa Arab, upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk menumbuhkan minat dan meningkatkan keaktifan siswa dalam keterampilan berbicara Bahasa Arab. Akan tetapi peneliti mengkaji dilapangan banyak siswa kesulitan dalam menerapkan Maharah Alkalam dikarenakan pembelajaran Bahasa Arab masih menggunakan pengajaran secara klasikal. Oleh karena itu, pembelajaran Maharah Alkalam Bahasa Arab perlu mendapatkan perlakuan khusus. Hal ini disebabkan kurangnya inovasi dalam penggunaaan media pembelajaran. Dengan demikian munculah ide untuk mengembangkan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab untuk Keterampilan Berbicara melalui Metode Langsung di Kelas VII Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri III Serang Banten”. Penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian R & D (Reserch & Development) yaitu jenis penelitian pengembanagn yang menggunakan model desain ADDIE (Analisis Design Development Evaluate). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Serang. Sampel pada penelitian terdiri dari satu kelas sebanyak 25 siswa. Langkah-langkah pengembangan media meliputi: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain Media, 3) Penegmbangan Media, 4) Implementasi, 5) Evaluasi, dilanjutkan dengan melakukan uji validalitas dan uji efektivitas dari tim ahli. Hasil penelitian ini dilihat dari tingkat efektivitas, hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membuktikan rata-rata hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 65 xiii dan post-test adalah 82. Hal ini menunjukkan bahwa nilai post-test lebih baik dibandingkan dengan nilai pre-test, sehingga terdapat perbedaan yang besar dalam hal pre-test. Penggunaan materi pendidikan dengan menggunakan berbagai buku teks. Tingkat validitas materi pendidikan dengan menggunakan buku ajar lebih lengkap dan verifikasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 81,6%, dan ahli desain media sebesar 86,7%. Sementara itu, tingkat daya tarik materi pendidikan mencapai 85,3%. Berdasarkan kriteria validitas yang teridentifikasi, maka pengembangan materi pendidikan keterampilan berbicara berbasis metode mubasyarah dinilai valid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Bahan Ajar, Mahārah Al-Kalām
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Magister > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Mar 2024 04:14
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 04:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.