Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Kasus di MA Al-Khairiyah Rancaranji dan MA Mathla'ul Anwar Citasuk Kabupaten Serang)

Lismawati, Lismawati (2024) Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Kasus di MA Al-Khairiyah Rancaranji dan MA Mathla'ul Anwar Citasuk Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_212621032_Cover.pdf

Download (448kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Lampiran Depan.pdf

Download (731kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Bab 1.pdf

Download (521kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Bab 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Bab 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (208kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Bab 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Bab 5.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
T_PAI_212621032_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstrak

Era 4.0 sekarang ini, arus informasi begitu sangat deras, sebagai akibat dari perkembangan TIK yang sangat pesat. Derasnya arus informasi ini menuntut manusia untuk mampu menyesuaikan diri dengan memiliki kemampuan literasi yang baik, karena informasi yang ada bukan hanya informasi fakta (benar) tetapi juga informasi bohong (hoax). Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak berbasis digital dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Data yang didapatkan dianalisis. Data-data didapatkan dengan teknik pengambilan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat aspek kemampuan literasi digital yang dikemukan oleh glister, keempat aspek tersebut yaitu pencarian di internet (internet searching), pandu arah hypertext (hypertext navigation), evaluasi konten informasi (content evaluation), dan penyusunan pengetahuan (knowledge assembly). Aspek pencarian di internet merupakan aspek yang paling dikuasai oleh peserta didik. Berdasarkan lembar observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kriteria baik yaitu dengan skor rata-rata 22 dari skor maksimum sebesar 28, jika dipersentasekan didapatkan nilai sebesar 79%. Hasil yang didapatkan adalah pembelajaran akidah akhlak berbasis literasi digital di MA Al-Khairiyah Rancaranji dan MA Mathlaul Anwar Citasuk sudah terbiasa sejak adanya pandemi covid-19. Peserta didik sudah terbiasa mengerjakan tugas-tugas dengan bantuan teknologi digital atau platform pembelajaran digital. Pembelajaran akidah akhlak berbasis digital ini memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, peserta didik mampu membedakan informasi yang mereka dapatkan, dan tidak mudah untuk membagikan informasi tersebut tanpa meninjau ulang kebenaran informasi tersebut

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Berpikir Kritis, Literasi Digital, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 18 Mar 2024 07:12
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 08:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.