Penerapan Reinforcement Positive Untuk Membangun Kemandirian Pada Anak-Anak (Studi di Lingkungan Kepandean RW. 06 Kec. Serang Kota Serang)

Marwah, Siti (2024) Penerapan Reinforcement Positive Untuk Membangun Kemandirian Pada Anak-Anak (Studi di Lingkungan Kepandean RW. 06 Kec. Serang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520197_Cover.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_Lampiran Depan.pdf

Download (488kB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (807kB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Teks
S_BKI_191520197_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap kritis dalam pembentukan karakter dan perkembangan anak. Salah satu tujuan utama pendidikan pada periode ini adalah untuk mengembangkan kemandirian anak. Kemandirian mencakup kemampuan anak untuk mengatur dirinya sendiri, membuat keputusan, dan menanggulangi tugas-tugas sehari-hari tanpa tergantung pada orang lain. Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemandirian karena berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi internal atau pengaruh lingkungan yang kurang mendukung. Oleh karena itu, diperlukan suatu penerapan yang efektif untuk anak-anak. Dalam upaya membangun kemandirian anak, penerapan reinforcement positif telah menjadi pendekatan yang lebih cocok untuk anak-anak usia dini. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kondisi kemandirian anak-anak sebelum diberikan layanan Reinforcement Positive di Link. Kepandean RW. 06 Kec. Serang Kota Serang? 2) Bagaimana penerapan teknik Reinforcement Positive terhadap kemandirian anak-anak di Link. Kepandean RW. 06 Kec. Serang Kota Serang? 3) Bagaimana hasil penerapan teknik Reinforcement Positive terhadap kemandirian anak-anak di Link. Kepandean RW.06 Kec. Serang Kota Serang? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi kemandirian pada anak-anak sebelum diberikan layanan reinforcement positive di Link. Kepandean RW.06 Kec. Serang Kota Serang. 2) Untuk menerapkan teknik reinforcement positive dalam kegiatan membangun kemandirian bagi anak-anak di Link. Kepandean RW.06 Kec. Serang Kota Serang. 3) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan teknik reinforcement positive terhadap kemandirian anak-anak di Link. Kepandean RW.06 Kec. Serang Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif tindakan. Metode kualitatif adalah metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku klien atau narasumber yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah reinforcement positive. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kondisi klien anak-anak di Link. Kepandean RW.06 yaitu 6 klien belum adanya kemandirian. 2) Teknik reinforcement positive dalam membangun kemandirian pada anak-anak menggunakan 3 tahap konseling yaitu: tahap awal konseling, tahap pertengahan (tahap kerja), dan tahap akhir konseling (tahap tindakan). 3) Hasil penerapan reinforcement positive yang dilakukan dalam 5 pertemuan terbukti cukup efektif, dapat dilihat adanya perubahan dari 6 anak-anak tersebut mulai terbiasa bersikap mandiri dengan adanya bimbingan dan pengawasan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): reinforcement positive, kemandirian, anak usia dini
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Mar 2024 07:13
Perubahan Terakhir: 13 Mar 2024 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14289

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.