Ismatillah, Dini Nur (2024) أثر استخدام طريقة رمي كرة الثلج في مهارة الكلام (بحث تجريبي في الصف الثامن بمدرسة (دار العرفان المتوسطة الإسلامية سيرانج. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220068_Cover.pdf Download (254kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220068_Lampiran Depan.pdf Download (610kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220068_BAB I.pdf Download (391kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220068_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (549kB) |
||
Teks
S_PBA_191220068_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (533kB) |
||
Teks
S_PBA_191220068_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (636kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220068_BAB V.pdf Download (332kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220068_Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Skripsi yang membahas tentang pengaruh metode pembelajaran snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menyebutkan kosa kata dalam bahasa arab. Padahal keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan yang terpenting dalam mempelajari bahasa asing. Mayoritas siswa tidak menyukai pelajaran bahasa arab karena mereka mengganggap bahwa pelajaran bahasa arab itu sulit. Banyak siswa yang belum bisa menyebutkan kosa kata dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode snowball throwing. Metode snowball throwing ini mampu membuat siswa menjadi aktif, bisa mempraktikan bahasa arabnya dengan berdiskusi bersama teman-temannya dan bisa bebas mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan metode snowball throwing, (2) untukmengetahui bagaimana penggunaan metode snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa dan (3) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimen dengan model pre-test dan post test non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 MTs Darul Irfan Serang. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas 8a dan kelas 8b. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan test yang berfungsi untuk mengetahui hasil keterampilan berbicara siswa. Dan teknik analisis data menggunakan t-test Hasil penelitian menunjukan bahwa t hitungnya 2,940 dari hasil analisis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,940 > 1,683) pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa. Skripsi yang membahas tentang pengaruh metode pembelajaran snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menyebutkan kosa kata dalam bahasa arab. Padahal keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan yang terpenting dalam mempelajari bahasa asing. Mayoritas siswa tidak menyukai pelajaran bahasa arab karena mereka mengganggap bahwa pelajaran bahasa arab itu sulit. Banyak siswa yang belum bisa menyebutkan kosa kata dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode snowball throwing. Metode snowball throwing ini mampu membuat siswa menjadi aktif, bisa mempraktikan bahasa arabnya dengan berdiskusi bersama teman-temannya dan bisa bebas mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan metode snowball throwing, (2) untukmengetahui bagaimana penggunaan metode snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa dan (3) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimen dengan model pre-test dan post test non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 MTs Darul Irfan Serang. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas 8a dan kelas 8b. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan test yang berfungsi untuk mengetahui hasil keterampilan berbicara siswa. Dan teknik analisis data menggunakan t-test Hasil penelitian menunjukan bahwa t hitungnya 2,940 dari hasil analisis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,940 > 1,683) pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran snowball throwing dalam keterampilan berbicara siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Snowball Throwing, Keterampilan Berbicara |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Feb 2024 02:56 |
Perubahan Terakhir: | 29 Feb 2024 02:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14220 |
Actions (login required)
Lihat Item |