Representasi Komunikasi Keluarga dalam Film Backstage (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Lestari, Siti Cahaya (2024) Representasi Komunikasi Keluarga dalam Film Backstage (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510001_Cover.pdf

Download (73kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Lampiran Depan.pdf

Download (708kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Bab I.pdf

Download (281kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (344kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (138kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (990kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Bab V.pdf

Download (76kB)
[img] Teks
S_KPI_191510001_Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)

Abstrak

Penelitian ini mengambil latar belakang keluarga sederhana di sudut kota yang sedang kesulitan ekonomi. Pada suatu hari Elsa menjadi seorang pemenang dari sebuah audisi yang ia ikuti untuk menjadi seorang aktris melalui video bernyanyi yang di unggahnya. Namun sang produser ingin mengorbitkan Elsa menjadi seorang penyanyi terlebih dahulu, karena video yang di unggahnya menggunakan suara Sandra maka ia pun akan menjadi seorang penyanyi dengan posisi Sandra menjadi ghost sing. Sejak saat itu ekonomi keluarganya mulai membaik bahkan meningkat dengan pesat akan tetapi keharmonisan keluarganya mulai retak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana makna denotasi pada representasi komunikasi keluarga dalam film “Backstage”? 2) Bagaimana makna konotasi pada representasi komunikasi keluarga dalam film “Backstage”? 3) Bagaimana makna mitos pada representasi komunikasi keluarga dalam film “Backstage”?. Adapun tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui makna denotasi pada representasi komunikasi keluarga dalam film “Backstage”. 2) untuk mengetahui makna konotasi pada representasi komunikasi keluarga dalam film “Backstage” 3) untuk mengetahui makna mitos pada representasi komunikasi keluarga dalam film “Backstage”. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan observasi, sehingga peneliti mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis melalui adegan serta dialog dalam film Backstage. Semiotika Roland Barthes menjelaskan tanda-tanda melalui tiga tahap, yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi komunikasi keluarga dalam film Backstage di wakili oleh tanda-tanda yang di tampilkan melalui sikap, ekspresi, dan perilaku masing-masing anggota keluarga khususnya pada Sandra dan Elsa. Tanda-tanda yang merepresentasikan komunikasi keluarga dalam film backstage ini memiliki empat makna, yaitu : Anak sulung memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya, Konflik dalam keluarga, kasih sayang seorang ibu, dan keharmonisan keluarga.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi, Keluarga, Film, Semiotika
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2024 02:25
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.