Pengaruh Rational Emotive Behavior Therapy dalam Mengurangi Tingkat Stres Kerja pada Guru BIMBA Rainbow Kids Kedaleman, Cilegon

Fatimatuzzahra, Suci (2024) Pengaruh Rational Emotive Behavior Therapy dalam Mengurangi Tingkat Stres Kerja pada Guru BIMBA Rainbow Kids Kedaleman, Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520051_Cover.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520051_Lampiran Depan.pdf

Download (559kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520051_Bab I.pdf

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520051_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_BKI_181520051_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (520kB)
[img] Teks
S_BKI_181520051_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520051_Bab V.pdf

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520051_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Bagi setiap individu dewasa, pekerjaan merupakan hal yang penting sebagai sumber penghasilan untuk mempertahankan hidup. Individu yang tidak memiliki pekerjaan yang jelas akan mengalami stres, apalagi jika ia memiliki tanggungan yang menggantungkan nasib kepadanya. Tetapi individu yang memiliki pekerjaan juga tidak akan terlepas dari stres. Stres terjadi akibat ketidakseimbangan antara tuntutan sumber daya yang dimiliki individu. Semakin tinggi kesenjangan yang terjadi semakin tinggi juga stres yang dialami individu. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan tingkat stres Guru BIMBA sebelum dan sesudah dilaksanakan Pengaruh rational emotive behavior therapy yang sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat stres Guru BIMBA sebelum dan sesudah dilaksanakan Pengaruh rational emotive behavior therapy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pre-experimental designs one group pretest-posttest yang digunakan untuk membandingkan bagaimana kondisi sebelum diberikan perlakuan, dengan pemberian pretest sebelum diberikan layanan konseling individual dengan Pengaruh rational emotive behavior therapy dan pemberian posttest setelah diberikan layanan konseling individual dengan Pengaruh rational emotive behavior therapy. Adapun Pengaruh pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan skala likert dengan menyebar kuesioner dan analisis data menggunakan paired samples t-test. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 sampai dengan Juli 2023, dengan responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang Guru yang mengalami stres kerja. Hasil dari penerapan Pengaruh rational emotive behavior therapy dalam mengurangi stres kerja pada Guru memiliki signifikansi ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest yaitu 417 menjadi 282 pada posttest. Selain dari pada itu nilai thitung sebesar 20,430 dengan signifikansi (2-tailed) 0.000 yaitu < 0.05. Maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan akhir pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat stres kerja Guru BIMBA sebelum dan setelah diberikan perlakuan Pengaruh Pengaruh Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perubahan ataupun peningkatan hal ini mengandung pengertian bahwa penerapan Pengaruh Rational Emotive Behavior Therapy meningkatkan perubahan ke arah positif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Rational Emotive Behavior Therapy, Stres Kerja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Feb 2024 08:58
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.