العناصر التركيبية في حكاية بهلول لكامل كيلاني (دراسة أسلوبية ليج وسروت)

Azizah, Nurul Afra (2024) العناصر التركيبية في حكاية بهلول لكامل كيلاني (دراسة أسلوبية ليج وسروت). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360044_Cover.pdf

Download (334kB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_BAB I.pdf

Download (841kB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (953kB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (538kB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (782kB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_BAB V.pdf

Download (408kB)
[img] Teks
S_BSA_191360044_Daftar Pustaka.pdf

Download (584kB)

Abstrak

Hikayat merupakan salah satu bentuk karya sastra yang cukup populer dan bermakna. Setiap hikayat menggunakan gaya bahasa tersendiri yang menjadi ciri khas dari seorang penulis, sehingga pada setiap karya yang tercipta dari penulis yang berbeda akan menimbulkan rasa yang berbeda ketika para pembaca membacanya. Maka untuk mengetahui hal itu, kajian stilistika menjadi sarana dalam meneliti gaya bahasa, serta mengungkap fungsi dari gaya bahasa yang dominan dipakai oleh penulis pada karyanya tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Jenis klausa apa yang ada didalam hikayat Buhul karya Kamil Kailani berdasarkan perspektif Leech dan Short?. 2). Jenis kalimat apa yang ada didalam hikayat Buhlul karya Kamil Kailani berdasarkan perspektif Leech dan Short?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui jenis klausa apa saja yang ada didalam hikayat Buhlul karya Kamil Kailani. 2). Untuk mengetahui jenis kalimat apa saja yang ada didalam hikayat Buhlul karya Kamil Kailani. Teori stilistika Leech dan Short menjadikan stile (gaya) sebagai objek kajiannya. Leech dan Short mengklasifikan unsur stile (gaya) yang terdapat pada naskah hikayat tersebut. Leech dan Short mengklasifikasikan unsur stile (gaya) menjadi lima bagian yakni leksikal, gramatikal, figures of speech, konteks, dan kohesi. Kemudian diperinci oleh Leech dan Short, unsur gramatikal menjadi sembilan yakni jenis kalimat, kompleksitas kalimat, jenis klausa, struktur klausa, frasa nomina, frasa verba, jenis frasa lain, kelas kata, dan umum. Adapun unsur gramatikal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah jenis klausa dan jenis kalimat berdasarkan perspektif Leech dan Short. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan disimpulkan bahwa 1). Jenis klausa yang terdapat dalam hikayat Buhlul berdasarkan perspektif Leech dan Short adalah jenis klausa dependen relatif dan klausa dependen adverbial, 2). Jenis kalimat yang terdapat dalam hikayat Buhlul berdasarkan perspektif Leech dan Short adalah kalimat deklaratif, kalimat tanya, dan kalimat perintah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hikayat, Stilistika Leech dan Short, Unsur Gramatikal
Subjek: 400 Bahasa > 410 Linguistik
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jan 2024 03:15
Perubahan Terakhir: 24 Jan 2024 03:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.