Faktor-faktor yang Memengaruhi Strategi Pemasaran Pada UMKM Kopi Bubuk Cap Jempol di Banten

Al-Ikhtiyar, May Khoirunnisa (2023) Faktor-faktor yang Memengaruhi Strategi Pemasaran Pada UMKM Kopi Bubuk Cap Jempol di Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_161410084_Cover.pdf

Download (190kB)
[img] Teks
S_ES_161410084_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_161410084_BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Teks
S_ES_161410084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (998kB)
[img] Teks
S_ES_161410084_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (581kB)
[img] Teks
S_ES_161410084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (958kB)
[img] Teks
S_ES_161410084_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_161410084_Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)

Abstrak

Pesatnya perkembangan produksi kopi di Indonesia sudah tentu ditunjang penuh oleh usaha dan industri rumah tangga penghasil kopi. Strata industri kopi dalam negeri sangat beragam, dimulai dari unit usaha berskala home industry hingga industri kopi berskala multinasional. Salah satu unit usaha berskala home industry yang terdapat di Banten ialah UMKM Kopi Cap Jempol. Meskipun sudah berdiri selama puluhan tahun namun karena dengan banyaknya pesaing yang memiliki usaha sejenis, membuat kondisi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kopi bubuk cap Jempol tidak cukup mampu bersaing, sehingga hal ini menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh usaha tersebut. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Strategi Pemasaran pada UMKM Kopi Bubuk Cap Jempol di Banten. (2) Untuk mengetahui variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Strategi Pemasaran pada UMKM Kopi Bubuk Cap Jempol di Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat bantu analisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25 dan yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, salah satunya dengan memberikan kuisioner kepada para reseller atau penjual Kopi Bubuk Cap Jempol sebagai sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis (uji T dan uji F). Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial (uji T): (a) variabel produk dan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel strategi pemasaran. (b) variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel strategi pemasaran. (c) variabel tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel strategi pemasaran. Sedangkan secara simultan (uji F): variabel produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruhh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Produk, Harga, Tempat, Promosi dan Strategi Pemasaran
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Des 2023 06:57
Perubahan Terakhir: 20 Des 2023 06:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.