رواية "مذكرات الطبيبة" لنوال السعداوي (دراسة سيكولوجية ابراهام مسلو)

Ummah, Dini Hikmatul (2023) رواية "مذكرات الطبيبة" لنوال السعداوي (دراسة سيكولوجية ابراهام مسلو). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_122800142_Cover.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_Lampiran Depan.pdf

Download (685kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (609kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (412kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (565kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Teks
S_BSA_122800142_Daftar Pustaka.pdf

Download (335kB)

Abstrak

Mudzakkarat Thabibah merupakan novel karya seorang sastrawan mesir Nawaal El Saadawi yang ditulis ketika ia berumur dua-puluhan dan baru saja lulus dari fakultas kedokteran. Novel ini mengungkapkan perasaan serta pengalamannya sebagai seorang perempuan yang bekerja sebagai dokter tetapi sekaligus masih harus melakukan perannya sebagai seorang istri dan ibu di rumah. Lewat novel Mudzakarat Thabibah ini, pengarang mengungkapkan perjuangan seorang perempuan yang berusaha mengaktualisasikan dirinya semaksimal mungkin. Di awal cerita sudah terlihat adanya konflik dalam diri tokoh utama. Kurangnya pemuasan kebutuhan dasar sejak kecil membuatnya melancarkan suatu perang sengit melawan dirinya sendiri, kemanusiaannya dan naluri-nalurinya yang wajar. Sehingga konflik dalam dirinya seringkali menimbulkan persepsi negatif tentang makna kehidupan. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan analisis novel Mudzakarat Thabibah menggunakan teori psikologi hirarki kebutuhan Abraham Maslow. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kebutuhan bertingkat tokoh utama “aku” dalam novel Mudzakarat Thabibah?, 2) Bagaimana konflik batin tokoh utama “aku” dalam novel ini?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kebutuhan bertingkat tokoh utama “aku” dalam novel Mudzakarat Thabibah?, 2) Mengetahui konflik batin tokoh utama “aku” dalam novel ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif atau disebut juga metode fenomenologis, yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh objek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lainnya dengan mendeskripsikan kata-kata, kalimat, dan wacana pada suatu konteks khusus yang berupa karya atau wacana. Dari hasil analisis, peneliti menemukan tokoh “aku” memenuhi semua kebutuhan tersebut. Namun ada juga peristiwa di mana “aku” mencari kebutuhan rasa aman dan rasa cinta. Dan Ada beberapa tanda yang menunjukkan konflik batin yang dialami tokoh “aku” sehingga tidak mampu mengaktualisasikan dirinya dengan baik, yaitu : bersikap emosional dan tidak obyektif, pembatasan kreativitas oleh ibunya, menyombongkan profesinya, cita-cita yang bermula dari tekanan mental dan frustasi, menentang kodratnya sebagai perempuan, selalu membenci lelaki. Namun seiring berjalannya waktu, semakin ia dewasa, semakin banyak pengalaman hidup yang ia dapatkan. Ia menyadari bahwa hidup tidaklah sendiri, ia butuh kehadiran orang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Des 2023 04:15
Perubahan Terakhir: 19 Des 2023 04:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.