Nilai-nilai Toleransi Beragama dalam Film Satu dalam Kita Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure

Daud, Muhamad (2023) Nilai-nilai Toleransi Beragama dalam Film Satu dalam Kita Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510147_COVER.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (99kB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (861kB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_KPI_191510147_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Manusia merupakan makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial. Dalam menjalani kehidupan sosial di masyarakat, seorang individu akan dihadapkan dengan golongan-golongan yang berbeda dengannya, salah satunya adalah perbedaan keyakinan atau agama, dengan demikian diperlukan kesadaran bagi masyarakat agar menanamkan toleransi beragama di kehidupan sehari-hari. Tetapi masih terdapat masyarakat yang belum menanamkan sikap toleransi beragama, sehingga dibutuhkan pemahaman bahwa sikap toleransi beragama di berbagai lapisan masyarakat sangat penting diterapkan, Untuk itu dibutuhkan nilai-nilai toleransi beragama yang disampaikan kepada masyarakat lewat berbagai karya kreatif, salah satunya melalui film. Film “Satu Dalam Kita” menjadi salah satu film yang berisi nilai-nilai tentang toleransi beragama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotik Ferdinand de Saussure. Adapun subjek penelitian ini adalah film “Satu Dalam Kita” dan objek penelitian ini adalah nilai-nilai toleransi agama dalam film tersebut. Data primer dalam penelitian adalah film “Satu Dalam Kita”. Sedangkan data sekundernya adalah buku, jurnal, hasil penelitian terdahulu, serta yang terkait dengan data primer tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode analisis semiotik Ferdinand de Saussure. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu empat nilai toleransi beragama seperti menghormati keyakinan orang lain, sikap saling mengerti dan memahami yang diaktualisasikan melalui sikap saling membantu antar umat beragama, dan setuju dalam perbedaan (agree in disagreement) yang diaktualisasikan melalui sikap menjalin persahabatan, tolong menolong dan bersikap adil terhadap orang lain yang berbeda keyakinan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Toleransi Agama, Film “Satu Dalam Kita”, Semiotika
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Des 2023 08:23
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.