Peranan Kepemimpinan Ketua Yayasan dan Organisasi Guru Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Madrasah (Studi di Madrasah Aliyah Mathla‟ul Anwar Pusat Menes dan Madrasah Aliyah Anwarul Hidayah Menes)

Najibah, Silmun (2023) Peranan Kepemimpinan Ketua Yayasan dan Organisasi Guru Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Madrasah (Studi di Madrasah Aliyah Mathla‟ul Anwar Pusat Menes dan Madrasah Aliyah Anwarul Hidayah Menes). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625024_Cover.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (893kB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (280kB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (798kB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Teks
T_MPI_212625024_Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstrak

Pendidikan tidak lepas dari berbagai masalah, antara lain: rendahnya mutu pendidikan. Pendidikan pada dasarnya memiliki tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan bangsa. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia merupakan isu sentral dalam diskursus pendidikan nasional. Pembenahan mutu pendidikan nasional di berbagai sektor dipandang mendesak untuk segera dilakukan, salah satunya sektor manajemen. Melalui implementasi Manajemen Bebasis Madrasah, memungkinkan pimpinan organisasi atau yayasan penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan mutu madrasah sesuai tujuan yang hendak dicapai. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peranan Ketua Perguruan Mathla‟ul Anwar Pusat Menes dan Yayasan Anwarul Hidayah dalam meningkatkan mutu pendidikan. (2) upaya-upaya Ketua Perguruan Mathla‟ul Anwar Pusat Menes dan Yayasan Anwarul Hidayah. (3) peranan Organisasi Guru Madrsah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Madrasah. (4) faktor-faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan melalui MBM di Madrasah Aliyah Mathla‟ul Anwar Pusat Menes dan Madrasah Aliyah Yahida. Dan (5) faktor-faktor yang penghambat peningkatan mutu pendidikan melalui MBM di Madrasah Aliyah Mathla‟ul Anwar Pusat Menes dan Madrasah Aliyah Yahida. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan penggunaan metode deskriptif, eksploratori. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun aktivitas dalam proses analisuis data penelitian yaitu: Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing Verifications iii Kesimpulan yang diperloeh penelitian ini adalah: (1) Ketua Perguruan Mathla‟ul Anwar (MA) Pusat Menes dan Yayasan Anwarul Hidayah (Yahida) telah memainkan peranan sebagai manajer, administrator, supervisor, pemimpin, inovator, dan motivator yang menentukan arah kebijakan pendidikan madrasah yang dinaunginya. (2) Upaya-upaya yang dilakukan Ketua Perguruan MA Pusat Menes dan Ketua Yahida Menes dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Madrasah dimulai dengan kegiatan perencanaan berupa rapat kerja di Perguruan MA Pusat Menes dan pertemuan rutin akhir tahun di Yahida. (3)Peranan Organisasi Guru Madrsah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Madrasah sebagai penyelenggara kegiatan pembimbingan dan pelatihan (4) Faktor-faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan melalui MBM di Madrasah Aliyah MA Pusat Menes dan Madrasah Aliyah Yahida, yaitu manajemen yang baik, kepemimpinan yang kuat, dan adanya bantuan Pemerintah. Dan (5) Faktor-Faktor Penghambat peningkatan mutu pendidikan melalui MBM Madrasah di Madrasah Aliyah MA Pusat Menes dan Madrasah Aliyah Yahida, yaitu: faktor peran dan partisipasi masyarakat yang kurang dan faktor lemahnya komitmen bersama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Peranan Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, Manajemen
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2023 04:07
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2023 04:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.