Dewinta, Aigis Cahya (2023) Strategi Komunikasi Perusahaan Retail dalam Meningkatkan Minat Beli Pelanggan (Studi Kasus Indomaret Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510054_Cover.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510054_Lampiran Depan.pdf Download (363kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510054_BAB I.pdf Download (293kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_181510054_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (371kB) |
||
Teks
S_KPI_181510054_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (274kB) |
||
Teks
S_KPI_181510054_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
||
|
Teks
S_KPI_181510054_BAB V.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510054_Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Persaingan antar perusahaan menjadi perbincangan dan kajian karena berhubungan dengan banyak aspek. diperlukan komunikasi yang tepat agar mendapat keyakinan pelanggan terhadap suatu objek atau produk. Komunikasi yang baik tentang suatu produk atau jasa yang dimiliki perusahaan pada akhirnya akan mempengaruhi persepsi konsumen dan menyematkan citra positif di benak mereka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, bagaimana strategi komunikasi marketing yang dijalankan oleh Indomaret Kota Serang dalam meningkatkan minat beli pelanggan? tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing komunikasi yang dijalankan oleh Indomaret Kota Serang dalam meningkatkan minat beli pelanggan. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Arif Budi Wibowo sebagai Manager Area Kota Serang, Yunita sebagai Kepala Toko Indomaret Cipocok, Axmal Insani sebagai Kepala Toko Indomaret Curug, Rahmat Kepala Toko Indomaret Kasemen, Zainal Abidin sebagai Kepala Toko Indomaret Sumurpecung, Ujang Soemantri Kepala Toko Indomaret Sepang, dan Novika H sebagai Kepala Toko Indomaret Pipitan. Adapun teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Model Perencanaan Philip Lesly, Dalam model perencanaan Philip Lesly terdiri dari dua komponen utama yaitu organisasi sebagai penggerak atau yang menjalankan sebuah kegiatan, dan publik sebagai target sasaran kegiatan yang dilakukan, penulis juga menggunakan Analisis SWOT dan teori bauran pemasaran. strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Indomaret melibatkan semua pihak khususnya manajemen di semua tingkatan mulai dari kepala toko, area manager dan pimpinan perusahaan pusat. Strategi komunikasi pemasaran dilakukan secara bertahap mulai dari internal organisasi yaitu analisis dan riset yang merupakan hasil evaluasi kegiatan sebelumnya, yang terus dikembangkan dan dibenahi, kemudian pusat melakukan perencanaan menggunakan teori bauran pemasaran, yang didalamnya terdapat rumusan produk, harga, tempat pemasaran dan cara promosi, yang kemudian di analisis menggunakan analisis SWOT. Setelah perencanaan kegiatan dibuat, barulah perusahaan menjalankan kegiatan strategi, yang tentu saja detail strategi perencanaan di rahasiakan perusahaan. Sampai akhirnya pada evaluasi yang nantinya akan kembali berputar menjadi analisis dan riset dapa perencanaan strategi selanjutnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Indomaret, Manajemen Strategi, Model Perencanaan, Perusahaan Retail, Serang, Strategi Komunikasi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 27 Nov 2023 03:37 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2024 07:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13789 |
Actions (login required)
Lihat Item |