Firdaus, Muhamad Nuansa (2023) تطوير المواد التعليمية القائمة على الصور لترقية مهارة الكلام (دراسة تجريبية في الصف العاشر بمدرسة ماداني الثانوية سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220025_Cover.pdf Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220025_Lampiran Depan.pdf Download (621kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220025_BAB I.pdf Download (373kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220025_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (584kB) |
||
Teks
S_PBA_191220025_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (502kB) |
||
Teks
S_PBA_191220025_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (896kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220025_BAB V.pdf Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220025_Daftar Pustaka.pdf Download (406kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian pengembangan bahan ajar ini untuk menjadikan referensi pembelajaran bagi pengajar dalam kegiatan belajar mengajar, kemudian bagi siswa untuk ketertarikan dan minat dalam mempelajari bahasa terutama dalam kemahiran kalam, dan tujuan bagi peneliti untuk dijadikan pengalaman dalam membuat sebuah karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RND dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Melvyn I Semmel, dan Dorothy S Semmel pada tahun 1974. Tahap 4D ini terdiri dari Define (pendefinisian), Design (desain), Development (pengembangan), dan Dessiminate (penyebaran). Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut : Pengembagan bahan ajar berbasis gambar untuk meningkatkan maharah kalam menggunakan pendekatan penelitian RND (Research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, desain, develop, dan desimine. Bahan ajar telah divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 1 guru mata pelajaran, dan diuji cobakan terhadap siswa siswi Madrasah Aliyah Madani Kota Serang. Kevalidan bahan ajar berbasis gambar dinilai berdasarkan uji kevalidan dilakukan oleh validator, nilai yang dihasilkan dari validator media adalah 85% dan nilai dari validator materi 80% maka dikatakan valid . dan berdasakan respon siswa dengan nilai 76 % , dan dari respon guru dengan nilai 89% , sedangkan dilihat dari hasil uji coba produk dalam kelompok kecil diperoleh nilai rata – rata siswa 55% sebelum menggunakan media , dan 80% setelah menggunakan media. Dengan ini dapat disimpulkan media pembelajaran muhadatsah valid utuk digunakan. Berdasarkan hasil post test dan pree test diperoleh nilai siswa meningkat sebesar 25%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bahan Ajar Berbasis Gambar, Maharah Kalam |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Nov 2023 02:21 |
Perubahan Terakhir: | 24 Nov 2023 02:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13775 |
Actions (login required)
Lihat Item |