أثر الخلفية التعليمية في نتيجة تعلم مهارة القراءة لطلبة قسم تعليم اللغة العربية للفصل الثالث الدراسي في جامعة السلطان مولانا حسن الدين إلاسلامية الحكومية بنتن

Nawati, Jumsah (2023) أثر الخلفية التعليمية في نتيجة تعلم مهارة القراءة لطلبة قسم تعليم اللغة العربية للفصل الثالث الدراسي في جامعة السلطان مولانا حسن الدين إلاسلامية الحكومية بنتن. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_191220086_Cover.pdf

Download (208kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_Lampiran Depan.pdf

Download (992kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (537kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (570kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Teks
S_PBA_191220086_Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang Pendidikan terhadap hasil belajar maharah al qiro’ah mahasiswa. Fakta dilapangan menunjukan beberapa mahasiswa mengalami kesulitan belajar dikarenakan latar belakang pendidikannya non pondok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenisnya adalah kausal komperatif (ex post Facto). Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester tiga jurusan Pendidikan bahahsa arab yang berjumlah 97 mahasiswa, dan sempel yang digunakan hanya 78 mahasiswa. Penentuan sempel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh latar belakang Pendidikan terhadap hasil belajar maharoh al qiro’ah mahasiswa yang ditunjukan oleh Thitung sebesar 4.449, sedangkan nilai Ttabel sebesar1.668, maka Thitung > Ttabel, dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara latar belakang Pendidikan terhadap hasil belajar maharoh al qiro’ah semester tiga jurusan Pendidikan Bahasa arab di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Besarnya pengaruh latar belakang Pendidikan terhadap hasil belajar maharoh al qiro’ah berdasarkan (nilai RSquare) sebesar 0,207 atau 20,7% dengan taraf nilai yang rendah, dan sisanya 79,3% dipengaruhi factor lain. Seperti motivasi belajar, kesiapan belajar, lingkungan belajar dan factor lainnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Latar Belakang Pendidikan, Hasil Belajar, Maharoh Al Qiro’ah
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Nov 2023 08:41
Perubahan Terakhir: 23 Nov 2023 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.