Pengaruh Komik Digital (Ecomic) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Empiris Pada Kelas IX di MTs Daarul Ulum Ciparahu)

Daerobi, Ahmed (2023) Pengaruh Komik Digital (Ecomic) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Empiris Pada Kelas IX di MTs Daarul Ulum Ciparahu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_181220100_Cover.pdf

Download (261kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_Lampiran Depan.pdf

Download (403kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (237kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (219kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Teks
S_PBA_181220100_Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB)

Abstrak

Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik digital (E-comic) terhadap keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain semi eksperimen, dan jumlah penelitian terdiri dari 20 siswa laki-laki dan perempuan dari dua kelas, yang direkrut oleh 20 siswa laki-laki dan perempuan, dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. , wawancara, tes, dan desk. Kajian yang mempengaruhi kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa di di MTs Daarul Ulum Ciparahu, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, studi dokumen, tes dan angket. Peneliti ingin meneliti siswa kelas IX di MTs Daarul Ulum Ciparahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diberi metode (Posttest) mendapatkan nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak diberi metode (Pretest). Nilai rata-rata yang diperoleh dari data kelas B pra-sembilan (kelompok kontrol) adalah 69,80 dengan standar deviasi (S) sebesar 7,913. Sedangkan pada bab IXa nilai rata-ratanya adalah 81,20 dengan standar deviasi (S) sebesar 6,579. Untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa, penulis menggunakan humor digital.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh, Media komik digital, Maharah Qiro’ah
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Nov 2023 08:09
Perubahan Terakhir: 03 Nov 2023 08:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.