Mujahidah, Alifah Aulia (2023) Efektivitas Penggunaan Media Fun Easy Learning Terhadap Pembelajaran Kosakata (Studi Eksperimen di kelas 7 Mts Ihsaniyah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_181220109_Cover.pdf Download (323kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_181220109_Lampiran Depan.pdf Download (881kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_181220109_BAB I.pdf Download (527kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_181220109_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (832kB) |
||
Teks
S_PBA_181220109_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (564kB) |
||
Teks
S_PBA_181220109_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (744kB) |
||
|
Teks
S_PBA_181220109_BAB V.pdf Download (278kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_181220109_Daftar Pustaka.pdf Download (376kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kemampuan siswa kelas tujuh dalam mempelajari kosakata bahasa Arab sebelum menggunakan media aplikasi Fun Easy Learning, dan untuk mengungkapkan kemampuan siswa kelas tujuh dalam mempelajari kosakata bahasa Arab setelah menggunakan media aplikasi Fun Easy Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen, dimana ia mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan data. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Desain pre-test dan post-test untuk satu kelompok. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi langsung, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini mencapai kesimpulan yang paling penting: a) Pengajaran kosakata menggunakan media aplikasi Fun Easy Learning dilakukan melalui langkah-langkah berikut: Pertama, peneliti mempersiapkan perencanaan pelaksanaan dan topik pelajaran “Perlengkapan dan alat sekolah”, yang kedua peneliti menjelaskan aplikasi dan langkah-langkah dalam media pembelajaran untuk aplikasi Fun Easy Learning. Kemudian peneliti meminta siswa untuk menginstall aplikasi Fun Easy Learning pada handphone mereka masing-masing, dan bagi siswa yang tidak membawa atau tidak mempunyai handphone, maka peneliti gabungkan untuk menjadi kelompok dengan teman lain yang membawa handphone. Ketiga, peneliti menjelaskan tata cara penggunaan media aplikasi fun easy learning kepada siswa, dan mulai dengan membahas 1 tema. Yaitu: tentang “Perlengkapan dan alat sekolah”, dan siswa menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh peneliti. b) Penggunaan media aplikasi Fun Easy Learning telah terbukti pengaruhnya dalam pembelajaran kosakata. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian ini. c) Terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test, yaitu pada pre-test siswa mendapat 28,12 dan pada post-test siswa mendapat skor 77,7. Dari perhitungan ini peneliti mengetahui bahwa hasil post-test lebih besar dari hasil pre-test, dan dia memperoleh nilai yang dapat diterima.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Nov 2023 03:48 |
Perubahan Terakhir: | 03 Nov 2023 03:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13662 |
Actions (login required)
Lihat Item |