Sadiah, Siti Lailatu (2023) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Metode Baghdadi Terhadap Minat Belajar Al-Quran Siswa Kelas VII (Survei di MTs Al-Falah Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210177_Cover.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210177_Lampiran Depan.pdf Download (580kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210177_BAB I.pdf Download (343kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210177_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (535kB) |
||
Teks
S_PAI_171210177_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (461kB) |
||
Teks
S_PAI_171210177_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (443kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210177_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210177_Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh antara pendidikan dan pelatihan metode Baghdadi terhadap minat belajar Al-Quran siswa di kelas VII MTs Al-Falah Pandeglang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode deskriptif-analisis korelasi karena terdapat upaya dalam menggambarkan dan menganalisis atau menginterpretasi objek penelitian berdasarkan objek, teori dan kemampuan peneliti, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan linear antar variabel. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, jika dilihat dari hasil hitung Uji T maka menghasilkan nilai thitung sebesar 3,209 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,012. Hal ini terbukti bahwa thitung > ttabel taraf signifikansi 5% dengan db yaitu sebesar 2,012, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, Mengandung arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan metode Baghdadi dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran. Sedangkan dari hasil perhitungan R2 menghasilkan nilai sebesar 25,6036% dan jika dibulatkan menjadi 25,6%. Maka dari hasil perhitungan dan penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat kita ketahui adanya pengaruh yang signifikan antara Pelatihan Metode Baghdadi (X) terhadap peningkatan minat belajar Al-Quran siswa (Y), adapun pengaruhnya yaitu sebesar 25,6% sedangkan selebihnya yang berjumlah sebesar 74,4% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan, Pelatihan, Metode Baghdadi, Minat Belajar Al-Quran |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Okt 2023 02:21 |
Perubahan Terakhir: | 31 Okt 2023 02:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13637 |
Actions (login required)
Lihat Item |