Pendekatan Cogntive Behavioral Therapy dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik (Studi di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang Provinsi Banten)

Tias, Anggun Tresnaning (2023) Pendekatan Cogntive Behavioral Therapy dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik (Studi di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520065_Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_Lampiran Depan.pdf

Download (659kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Teks
S_BKI_191520065_Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)

Abstrak

Saat ini, prokrastinasi akademik menjadi salah satu kendala kualitas sumber daya manusia, karena prokrastinasi adalah jenis penundaan yang disengaja dalam menyelesaikan tugas-tugas penting yang dilakukan berulang kali meskipun dia mengetahui bahwa hal itu akan berdampak negatif seperti: perasaan menyesal dan bersalah pada diri sendiri karena kebiasaan menunda mengerjakan tugas, tugas yang dikerjakan kurang optimal karena waktunya terbatas, dan adanya hukuman dari guru mata pelajaran ketika peserta didik gagal mengerjakan dan melewati deadline yang sudah ditentukan. Dari latar belakang di atas maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana prokrastinasi akademik pada peserta didik di Ponpes Al-Mubarok? 2. Bagaimana penerapan pendekatan CBT dalam mengatasi prokrastinasi akademik di Ponpes Al-Mubarok? 3. Bagaimana hasil penerapan pendekatan CBT dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada peserta didik di Ponpes Al-Mubarok? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana prokrastinasi akademik pada peserta didik di Ponpes Al-Mubarok. 2. Untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan CBT dalam mengatasi prokrastinasi akademik pada peserta didik di Ponpes Al-Mubarok. 3. Untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan pendekatan CBT dalam mengatasi prokrastinasi akademik peserta didik di Ponpes Al-Mubarok. Penelitian ini dilaksanakan di Ponpes Al-Mubarok Kota Serang, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta objek penelitian merupakan santri kelas XI dengan jumlah iii responden sebanyak tiga orang, yaitu: ST, AN, dan APS. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Mei tahun 2023. Peneliti melakukan proses pendekatan CBT dengan melakukan empat pertemuan diantaranya yaitu pertemuan pertama pelaksanaan membangun hubungan, kedua pelaksanaan mengidentifikasi masalah, ketiga memfasilitasi proses konseling dan keempat yaitu tahap evaluasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa setelah melakukan proses pendekatan CBT, responden dapat memahami perubahan cara berpikir dan kini mereka mulai mampu mengurangi prokrastinasi akademik pada dirinya sendiri. Responden dapat menunjukan perkembangan pada keterampilan akademiknyanya sehingga dapat dikatakan berhasil melakukan proses layanan konseling individual dengan pendekatan CBT.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Cognitive Behavior Therapy, Prokrastinasi Akademik, Santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 08:50
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.