Anisah, Anisah (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Santriwati di Pondok Pesantren Al-Rahmah Walantaka Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520085_Cover.pdf Download (20kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520085_Lampiran Depan.pdf Download (422kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520085_Bab I.pdf Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520085_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (423kB) |
||
Teks
S_BKI_191520085_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (319kB) |
||
Teks
S_BKI_191520085_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (300kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520085_Bab V.pdf Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520085_Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kemandirian belajar merupakan suatu hal yang bersifat positif untuk mendorong setiap individu agar selalu dapat mengatur waktu dengan baik, memiliki perencanaan yang tersusun dan selalu berusaha produktif serta memiliki inisiatif sendiri dalam belajar. Seseorang yang dapat mandiri dalam belajar tidak akan memiliki ketergantungan dengan orang lain. Namun, dalam kenyataan yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Rahmah Walantaka Kota Serang terdapat beberapa santriwati yang memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah, sehingga diperlukannya suatu usaha untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest-postest one group design dengan satu perlakuan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik non parametrik dengan Uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.00. Hasil Uji Wilcoxon didapat bahwa dengan nilai signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dilihat hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar santriwati di Pondok Pesantren Al-Rahmah Walantaka Kota Serang dan disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat kemandirian belajar pada santriwati sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Layanan Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar, Santriwati |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 26 Okt 2023 04:36 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 02:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13591 |
Actions (login required)
Lihat Item |