Layanan Konseling Individual untuk Mereduksi Kecemasan Sosial pada Korban Bullying (Studi PTBK pada Santri Pondok Pesantren Fajrul Karim)

Aprilia, Nada (2023) Layanan Konseling Individual untuk Mereduksi Kecemasan Sosial pada Korban Bullying (Studi PTBK pada Santri Pondok Pesantren Fajrul Karim). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520017_Cover.pdf

Download (64kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Lampiran Depan.pdf

Download (512kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Bab I.pdf

Download (207kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (229kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Bab V.pdf

Download (37kB)
[img] Teks
S_BKI_191520017_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Kecemasan sosial muncul di karenakan adanya kekhawatiran untuk memperoleh evaluasi negatif terhadap orang lain saat individu terlibat dalam situasi atau aktivitas sosial tertentu. Di Pondok Pesantren Fajrul Karim terdapat dua santri yang mengalami kecemasan sosial seperti; kurang percaya diri, gugup saat bertemu dengan orang lain, takut dikritik orang lain, sulit berinteraksi dengan orang lain, jarang berbicara, pendiam, tidak mudah saat mengambil keputusan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling individual dalam mereduksi kecemasan sosial pada santri korban bullying di Pondok Pesantren Fajrul Karim. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan instrumen BK (Penilaian Segera). Analisis data menggunakan reduski data, penyajian data, dan kesimpulan sementara. Adapun subyek pada penelitian ini ialah guru bimbingan konseling di Pondok Pesantren Fajrul Karim sebagai pelaksana layanan konseling individual, dan informan pada penelitian ini ialah 2 orang santri. Kemudian, prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Hasil dari penelitian siklus I dalam pelaksanaan layanan konseling individual yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling atau konselor masih terdapat kekurangan, masih ada beberapa layanan konseling individual yang belum terpenuhi oleh guru BK. Pada siklus I ini, klien masih kurang aktif dalam pelaksanaan layanan konseling individual. Dan hasil laiseg pada siklus ke I ini masalah klien yang teratasi sebanyak 30%-49%. Dan pada pelaksanaan layanan konseling individual siklus II ini mengalami peningkatan baik dari guru BK atau konselor maupun dari dua klien. Terlihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan kepada guru BK dan klien, dan hasil wawancara setelah tindakan, dan hasil laiseg rata-rata klien merasa masalah mereka telah teratasi sebanyak 75%-94%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Layanan Konseling Individual, Kecemasan Sosial, Santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 08:23
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.