Pengembangan Media Flash Card pada Pembelajaran Makhorijul Huruf Hijaiyah (Studi R&D pada TPQ Darussyifa Saruni Pandeglang)

Wahyuni, Sri (2023) Pengembangan Media Flash Card pada Pembelajaran Makhorijul Huruf Hijaiyah (Studi R&D pada TPQ Darussyifa Saruni Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210009_Cover.pdf

Download (37kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210009_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210009_Bab I.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210009_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (236kB)
[img] Teks
S_PAI_191210009_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_PAI_191210009_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (609kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210009_Bab V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210009_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan, uji kelayakan, dan respon siswa dari keefektifitasan media flash card pada siswa TPQ Darussyifa Saruni Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yakni jika dalam bahasa Inggrisnya yakni Research and development ialah metode penelitian yang di gunakan untuk menciptakan produk untuk di uji kelayakan produk tersebut. untuk pengembangan teori yang akan di sampaikan ketika proses pembelajaran. Berdasarkan landasan filosofi pengembangan model yang dikembangkan oleh Robert maribe branch ialah penerapan ADDIE yang bersifat student center, inovatif dan inspiratif. Model pengembangan R&D menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 langkah: 1. Analysis (analisis), 2. Design (desain), 3. Development (pengembangan), 4. Implementation (implementasi), 5. Evaluation (evaluasi). Dari hasil penilaian perhitungan yang di peroleh dari ahli media, ahli isi/materi, wali kelas TPQ dan juga siswa menunjukkan medianya hari di kembangkan masuk dalam kategori"sangat valid" terlihat dari perolehan skor yang di dapat masuk dalam kriteria keefektifitasan media yang di kembangkan mencapai skor, 95%, 85%, 92%, 94%, termasuk dalam kategori sangat valid atau bisa di sebut sangat efektif karena yang di perhitungkan dalam angket ialah keefektifitasan media flash yang di kembangkan pada siswa TPQ. Kemudian dari hasil penilaian sebelum menggunakan media flash card mencapai skor 51%, masuk dalam kategori "tidak efektif" atau bisa di sebut rendah, sedangkan perhitungan pada penilaian respon siswa setelah menggunakan media mencapai skor 93% masuk dalam kategori "sangat valid" atau bisa di nyatakan "sangat tinggi". Maka dapat di simpulkan dari respon siswa setelah menggunakan media flash card mengalami peningkatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Flash Card
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 07:05
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2023 07:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.