Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Komunikasi Organisasi (Studi Kasus pada Gaya Kepemimpinan Tri Hartanti Wulandari Sebagai Produser Muslim TV)

Wahdah, Wahdah (2023) Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Komunikasi Organisasi (Studi Kasus pada Gaya Kepemimpinan Tri Hartanti Wulandari Sebagai Produser Muslim TV). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasuddin Banten.

[img] Teks
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI WAHDAH FIXXX - Copy.pdf

Download (472kB)
[img] Teks
BAB I LATAR BELAKANG.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (310kB)
[img] Teks
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (105kB)
[img] Teks
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img] Teks
BAB V PENUTUP.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (625kB)

Abstrak

Dalam sebuah organisasi atau institusi, dominasi pria sebagai pemimpin memang masih begitu kuat. Padahal kenyataannya, wanita pun mempunyai potensi yang tidak kalah dengan pria dalam hal memimpin. Fenomena perempuan yang masih sangat sedikit untuk menjadi pemimpin berakar pada stereotype gender yang sudah lama ada di dalam masyarakat. Hampir semua sektor didominasi oleh laki-laki baik pada sektor pemerintahan maupun sektor non pemerintahan. Menurut Bintang Puspayoga Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) survey yang dilakukan oleh ILO tahun 2020 menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan belum maksimal di Indonesia. Dalam sektor publik, proporsi perempuan di parlemen belum mencapai target minimal 30%. Sementara itu, situasi dibidang professional tidak jauh berbeda. Proporsi perempuan sebagai CEO di Indonesia hanya 15%. Pada sekotor non pemerintahan contohnya media, seringkali disebtu-sebut sebagai dunianya laki-laki. Faktanya, salah satu industri media yang saat ini sudah melibatkan perempuan didalam kepemimpinannya adalah MNC Channles. Penelitian ini berfokus pada gaya kepemimpinan perempuan yang bertujuan untuk menemukan model gaya kepemimpinan yang khas pada perempuan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Gaya Kepemimpinan Tri Hartanti Wulandari sebagai pemimpin perempuan dalam mempimpin Muslim TV? 2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat gaya kepemimpinan Tri Hartanti Wulandari sebagai pemimpin perempuan dalam mempimpin Muslim TV? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan Tri Hartanti Wulandari sebagai pemimpin perempuan dalam memimpin Muslim TV. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik penelitian observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Februari sampai dengan Juni 2023 dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 6 orang diantaranya Tri Hartanti Wulandari selaku produser Muslim TV, creative, PA (Production Assistant) sebanyak 2 orang, dan editor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa 1) gaya kepemimpinan perempuan pada Tri Hartanti Wulandari sebagai produser Muslim TV yaitu gaya kepemimpinan feminim-transformasional yang mana hampir semua indikator yang ada di gaya kepemimpinan transformasional terpenuhi, bahkan gaya kepemimpinan ini adalah gaya yang paling dominan 2) Dalam menjalankan kepemimpinannya sebgai produser Muslim TV tentu Tri Hartanti Wulandari memiliki pendorong sekaligus penghambat dari keluarga, para staff Muslim TV serta pihak perusahaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Umdatul Hasanah Pembimbing II: Nadia Nurfitria
Kata Kunci (keywords): Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan Perempuan, Komunikasi Organisasi, Organisasi Media
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 16 Okt 2023 04:32
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.