Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Deskriptif di KUA Kecamatan Kresek Kab. Tangerang)

Hidayat, Arinda Fitri (2023) Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Deskriptif di KUA Kecamatan Kresek Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510142_Cover.pdf

Download (143kB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_Lampiran Depan.pdf

Download (463kB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (331kB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (111kB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_KPI_191510142_Daftar Pustaka.pdf

Download (499kB)

Abstrak

Keberhasilan sebuah organisasi, salah satunya ditentukan oleh adanya komunikasi yang baik. Komunikasi organisasi yang baik, dapat meningkatkan kualitas kinerja orang-orang di organisasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawai, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi organisasi di KUA Kecamatan Kresek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala KUA dan pegawai di KUA Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di KUA Kecamatan Kresek memiliki peran yang baik dan efektif dalam meningkatkan kinerja pegawai di KUA Kecamatan Kresek. Penyampaian pesan yang bersifat instruksi, informatif, dan persuasif memiliki peran aktif dalam meningkatkan kinerja pegawai. Selanjutnya didukung oleh komunikator dan komunikan yang memiliki kredibilitas, integritas, dan memiliki disiplin kerja yang tinggi. Dari komunikasi organisasi ini memotivasi pegawai untuk terus meraih prestasi dan meningkatkan kinerjanya. Faktor pendukung dalam proses komunikasi organisasi di KUA Kecamatan Kresek yaitu adanya hubungan personal yang baik, media komunikasi yang mendukung dan penggunaan bahasa yang dapat dipahami. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah karena hirarki dalam organisasi yang memunculkan kecanggungan dalam berkomunikasi dan kurang optimalnya fasilitas pendukung. Saran yang dapat diberikan adalah agar hubungan personal dan kekeluargaan lebih dipererat lagi, serta fasilitas yang masih kurang dapat diperbaiki dan dilengkapi agar pegawai dapat menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai, Kepemimpinan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Okt 2023 02:39
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.