Tinjauan Hukum Islam terhadap Garansi Terbatas pada Produk Tupperware (Studi Kasus di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang)

Azahra, Annisa Veby (2023) Tinjauan Hukum Islam terhadap Garansi Terbatas pada Produk Tupperware (Studi Kasus di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130035_COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (362kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (484kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (529kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
S_HES_191130035_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)

Abstrak

Meningkatnya persaingan dunia bisnis membuat produsen berkompetisi untuk memberikan pelayanan yang inovatif., agar penjualan produknya berkembang pesat. Salah satu dunia bisnis yang berkompetisi memberikan inovasi pelayanan adalah bisnis produk Tupperware yang sudah memiliki citra merek yang terkenal di kalangan ibu rumah tangga. Yang memiliki bentuk baru pada garansi yaitu garansi terbatas dalam suatu perjanjian jual beli, Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana mekanisme garansi terbatas pada produk Tupperware di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme garansi terbatas pada produk Tupperware di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang? Penelitian ini bertujuan untuk; 1. mengetahui mekanisme garansi terbatas pada produk Tupperware di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang dan untuk 2. mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme garansi terbatas pada produk Tupperware di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian field Research, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang didapatkan dengan melakukan wawancara dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku-buku dan menggunakan teknik indukatif. Peneliti menyimpulkan bahwa 1. produk Tupperware di PT Widhita Husnul Bantera Kantor Distributor Tupperware Indonesia Kota Serang memiliki ketentuan dan prosedur klaim garansi terbatas, dimana pihak konsumen mengajukan klaim garansi terbatas melalui website tuppershop dan pihak distributor akan mengirimkan barang ganti yang sama apabila sudah di validasi oleh CPI (Tupperware pusat). 2. Dalam praktik hukum Islam mekanisme garansi terbatas di PT Widhita Husnul Bantera sudah sesuai dengan ketentuan khiyar syarat karena kedua belah pihak sudah bersedia mengikuti ketentuan yang ada. Pihak distributor juga bertanggung jawab atas kerusakan produk.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tupperware, Garansi Terbatas, Khiyar Syarat
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2023 04:03
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.