Rismawati, Nita (2023) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240018_Cover.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240018_Lampiran Depan.pdf Download (498kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240018_BAB I.pdf Download (190kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240018_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (376kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240018_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (382kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240018_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (415kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240018_BAB V.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240018_Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan design penelitian Pretest-Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada kelas V B (kelas eksperimen) dan V C (kelas kontrol). Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini berupa perbedaan nilai pretest dan posttest, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 50,84 dan kelas kontrol sebesar 56,23. Diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 71,04 dan kelas kontrol sebesar 60,61. Masing-masing kelas mengalami peningkatan nilai rata-rata. Hal ini menunjukkan bahwa kelas yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving mengalami peningkatan yang lebih besar dari kelas yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test didapat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,007. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Artinya pada kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Solving, Pembelajaran IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 11 Sep 2023 03:54 |
Perubahan Terakhir: | 11 Sep 2023 03:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13204 |
Actions (login required)
Lihat Item |