مظاهر بيروتية الإجتماعية في رواية ذاكرة للنسيان لمحمود درويش (مقاربة التحليل الاجتماعي والأدبي لسفردى جوكو دمونو)

Khaira, Imal Taunil (2023) مظاهر بيروتية الإجتماعية في رواية ذاكرة للنسيان لمحمود درويش (مقاربة التحليل الاجتماعي والأدبي لسفردى جوكو دمونو). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360011_Cover.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_Lampiran Depan.pdf

Download (762kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (563kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Teks
S_BSA_191360011_Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB)

Abstrak

Timur tengah selalu menarik untuk dibahas mulai dari syair-syair, sejarah, budaya serta politik yang ada didalamnya. Salah satu nya Beirut, yang menjadi tempat para pejuang Palestina yang tidak memiliki tempat tinggal kemudian mengungsi dikota Beirut, Lebanon. Yang pada saat itu dipimpin oleh Bachir Gemayel sebagai presiden. Kemudian terjadilah penyerbuan di kamp pengungsian yang didalamnya terdapat para pengungsi Palestina. Dan juga hubungan anti-Arab dan anti Palestina di Lebanon menjadikannya sebuah situasi sosial dari gambaran yang ada pada novel Dzakirat Lil Nisyan karya Mahmoud Darwish. Penulis Menggunakan teori sosiologi sastra Sapardi Djoko Damono yang mana menurut nya sebuah karya adalah aspek-aspekdari situasi novelis menulis atau juga situasi novelis sebagai bagian dari komponen masyarakat. Jadi penulis akan menjelaskan karya sastra dari novel Mahmoud Darwish ini melalui gambaran situasi yang tercermin pada novel. Mahmoud Darwish merupakan bagian pahlawan perdamaian dari palestina yang selalu menyuarakan perdamaian melalui syair-syair yang ia tuliskan pada setiap karya nya. Adapun rumusan masalah yang diajukan oleh peneliti, yaitu: a. bagaimana aspek sosial dalam novel Dzakirat Lil Nisyan? Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam penelitian ini, yaitu: a. mengetahui tentang aspek-aspek sosial Beirut dalam novel Dzakirat Lil Nisyan.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Dengan cara ini, peneliti meninjau buku-buku dan sumber-sumber yang berkaitan dengan topik yang dipelajari. Sapardi Djoko Damono meninjau dari segi aspek-aspek sosial yang menjadikan suatu karya seperti cerminan realitas kehidupan masyarakat. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti menumukan: Fakta sosial ditemukan sebanyak delapan peristiwa, perbedaan pendapat ditemukan satu peristiwa, nilai-nilai yang diusung dan dirasakan ditemukan sebanyak sembilan peristiwa, aspek politik, kepemimpinan politik dan semangat nasionalisme ditemukan sebanyak dua belas peristiwa, aspek budaya ditemukan sebanyak dua peristiwa yang menyingung pernikahan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Beirut, Sosiologi sastra, Sapardi Djoko Damono
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2023 08:36
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2023 08:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.