Pengaruh Model Assurance, Relevance, Interst, Assessment, dan Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar

Fitriyani, Desi (2023) Pengaruh Model Assurance, Relevance, Interst, Assessment, dan Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240045_Cover.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_Lampiran Depan.pdf

Download (785kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (225kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240045_Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam materi bangun datar dan anggapan siswa terhadap mata pelajaran matematika yang merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Anggapan demikian berdampak pada rendahnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi pengaruh penggunaan model pembelajaran pembelajaran assurance, relevance, interst, assessment, dan satisfaction (ARIAS) pada pembelajaran matematika materi bangun datar di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan design penelitian non equivalent control group design. Populasi pada Penelitian ini adalah MI Negeri terakreditasi B kategori tinggi di Kecamatan Baros Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIC dan IID MIN 2 Serang yang terdiri dari 28 orang siswa kelas eksperimen dan 28 orang siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu Pretest dan Postest. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji normal-gain, uji-t. Hasil penelitian ini didapat dengan nilai (sig < ) yaitu (.000 < 0,05) mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ARIAS lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvesional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran assurance, relevance, interst, assessment, dan satisfaction (ARIAS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Assurance, relevance, interst, assessment, dan satisfaction (ARIAS), Hasil belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2023 07:10
Perubahan Terakhir: 21 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.