Hamami, Ilham (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Radio untuk Meningkatkan Minat Pendengar (Studi Deskriptif pada Lembaga Penyiaran Publik Lokal 97,3 Berkah FM). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510083_COVER.pdf Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510083_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (324kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510083_BAB I.pdf Download (280kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510083_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (370kB) |
||
Teks
S_KPI_191510083_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (179kB) |
||
Teks
S_KPI_191510083_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (549kB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510083_BAB V.pdf Download (99kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510083_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Radio merupakan salah satu media komunikasi massa (mass communication), seperti halnya televisi, surat kabar, dan majalah. Radio dipandang sebagai “kekuatan kelima” (the fifth estate) setelah lembaga eksekutif (pemerintah), legislatif (parlemen), yudikatif (lembaga peradilan, dan pers atau surat kabar. Setiap Lembaga, Perusahaan, ataupun Organisasi sangat memerlukan sebuah strategi untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Penulis meneliti sebuah strategi yang dilakukan oleh salah satu Lembaga radio, dengan judul “Strategi Komunikas Pemasaran Radio Untuk Meningkatkan Minat Pendengar (Studi Deskriptif Pada Lembaga Penyiaran Publik Lokal 97,3 Berkah FM)” Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana strategi kesesuaian yang digunakan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM untuk meningkatkan minat pendengar. 2). Untuk mengetahui strategi pembentukan kebiasaan dilakukan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM untuk meningkatkan minat pendengar. 3). Untuk mengetahui strategi pengontrolan arus pendengar dilakukan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM untuk meningkatkan minat pendengar. 4). Untuk mengetahui strategi penyampaian sumber-sumber program dilakukan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM untuk meningkatkan minat pendengar. 5). Untuk mengetahui strategi daya penarik massa dilakukan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM untuk meningkatkan minat pendengar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dilapangan, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teori strategi kominikasi radio yang dikemukakan oleh susan tyler eastman (1985). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1). Strategi kesesuaian dapat dilihat dari kesesuan dalam melalukan siaran program yang dilakukan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM. 2). Strategi pembentukan kebiasaan dapat dilihat dari konsistennya Radio LPPL 97,3 Berkah FM dalam melakukan kegian siaran setiap harinya. 3). Strategi Pengontrolah arus pendengar yang dilakukan oleh Rado LPPL 97,3 Berkah FM ini bisa di tinjau langsung dari komentar, ataupun whatsapp yang didalamnya memuat interaksi antara pendengar dan penyiar. 4). Dalam melakukan siaran nya, Radio LPPL 97,3 Berkah FM selalu melampirkan atau menyebutkan sumber-sumber data yang di sampaikan, contohnya pada program news bersumber dari koran harian lokal atau nasional. 5). Strategi daya penarik massa, yang dilakukan oleh Radio LPPL 97,3 Berkah FM ialah selalu menghadirkan siaran yang unik, inovatif dan beda dengan yang lainnya, sehingga menjadi daya Tarik tersendiri untuk didengarkan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Komunikasi Radio |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Aug 2023 01:24 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 01:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13041 |
Actions (login required)
Lihat Item |