Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Pembiayaan Syariah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Serang Ahmad Yani 1 Oleh Pelaku Umkm Di Pasar Rau

Maesaroh, Siti (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Pembiayaan Syariah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Serang Ahmad Yani 1 Oleh Pelaku Umkm Di Pasar Rau. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410042_COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (685kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (576kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (136kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (502kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_ES_191410042_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini didasarkan adanya kebutuhan UMKM untuk mendapatkan pembiayaan untuk keberlanjutan usahanya, dan pembiayaan syariah sebagai salah satu pilihan di masyarakat, salah satunya yang dimiliki oleh BSI KCP Serang, namun memilih pembiayaan serta bank terkait menjadi sebuah pertanyaan bagi peneliti mengenai faktor yang membuat masyarakat yakin memilihnya. Bank syariah merupakan bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Implementasi prinsip syariah inilah yang menjadi pembeda utama dengan bank konvensional. Pada intinya prinsip syariah tersebut mengacu kepada syariah Islam yang berpedoman utama kepada Al-Qur’an dan Hadist. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana praktik dari Bank Syariah BSI KCP Serang untuk pembiayaan UMKM? 2). Apa faktor-faktor yang melatar belakangi UMKM di Kota Serang memilih pembiayaan syariah BSI? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1). Untuk mengetahui praktik dari Bank Syariah BSI KCP Serang mengenai pembiayaan syariah untuk UMKM. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi alasan bagi pelaku UMKM memilih pembiayaan syariah di BSI KCP Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dikembangkan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan berupa data primer, dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, dan observasi. Sedangkan data sekunder yang diperoleh berasal dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan. Kesimpulan pada penelitian ini yakni praktik BSI KCP Serang tidak menerapkan bunga, menerapkan akad sebagai bentuk perjanjian dengan nasabah, memberikan pendampingan kepada nasabah yang telah menerima pembiayaan syariah. Faktor-faktor nasabah memilih BSI KCP Serang ialah tidak adanya riba sehingga angsuran lebih ringan, memberikan pelayanan yang baik untuk nasabahnya, memiliki komunikasi yang baik, membantu nasabah dalam mengelola keuangan, pengajuan pembiayaan yang tidak sulit.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembiayaan syariah, UMKM, hukum syariah, perbankan syariah
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Aug 2023 02:38
Perubahan Terakhir: 18 Aug 2023 02:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.