Dakwah Melalui Media Instagram di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Mahasiswa KPI UIN SMH Banten)

Lubis, Rahmat (2023) Dakwah Melalui Media Instagram di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Mahasiswa KPI UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510097_COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (454kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (190kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Teks
S_KPI_191510097_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstrak

Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah di Indonesia maupun di seluruh dunia. Maka dari itu dakwah Islam harus luwes (tidak kaku, tidak canggung, mudah disesuaikan), mampu mengikuti perkembangan zaman dan harus dikemas semenarik mungkin jika melihat situasi dan kondisi mahasiswa, banyak yang menggunakan Instagram dari sinilah Da’i menggunakan Instagram untuk media dakwah. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengapa mahasiswa menggunakan instagram sebagai media dakwah? 2) Apa saja materi dakwah yang disampaikan di instagram? 3) Apa tujuan mahasiswa menggunakan instagram sebagai media dakwah? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui mahasiswa menggunakan instagram sebagai media dakwah. 2) Untuk mengetahui materi dakwah yang disampaikan di instagram. 3) Untuk mengetahui tujuan mahasiswa menggunakan instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam UIN SMH Banten yang menggunakan Instagram sebagai media dakwah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan november 2022 sampai dengan Januari 2023, dengan jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 15 mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Mahasiswa menggunakan instagram sebagai media dakwah karena instagram mudah diakses dan digunakan serta memungkinkan mahasiswa untuk menjangkau audiens yang lebih luas dalam menyampaikan pesan dakwah. 2) Materi dakwah yang disampaikan di instagram dilakukan dengan membuat konten vidio atau foto yang menarik, bentuk materi dakwah yang disampaikan yaitu, aqidah, ibadah atau syariat, dan akhlaq. 3) Tujuan mahasiswa menggunakan instagram untuk menjangkau khalayak yang lebih luas serta meningkatkan kreativitas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Instagram, Media Dakwah, Mahasiswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 04:02
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.