Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku pada Mahasiswa UIN SMH Banten (Studi Korelasi: Tiktok @buyayahyaofficial)

Saprudin, Saprudin (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku pada Mahasiswa UIN SMH Banten (Studi Korelasi: Tiktok @buyayahyaofficial). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510024_COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (530kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (412kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Teks
S_KPI_191510024_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstrak

Media sosial menjadi saksi berkembangnya pengetahuan serta teknologi di dunia. Zaman modern seperti sekarang ini, banyak para da’i menyampaikan pesan-pesan dakwahnya lebih memilih dengan menggunakan media sosial. Seperti halnya yang dilakukan oleh pemilik akun tiktok @buyayahyaofficial berdakwah dengan membuat video yang simpel dan jelas pembahasannya sehingga dapat menarik perhatian mad’u. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana isi pesan dakwah dalam akun Tiktok @buyayahyaofficial? (2) Bagaimana perubahan perilaku mahasiswa UIN SMH Banten setelah menonton konten video pada akun Tiktok @buyayahyaofficial? (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan Tiktok @buyayahyaofficial terhadap perubahan perilaku pada mahasiswa UIN SMH Banten?. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi survei. Penelitian kuantitatif merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Variabel-variabel ini diukur (biasanya dengan instrumen penelitian) sehingga data yang terdiri dari angka-angka dapat dianalisis berdasarkan prosedur statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat kuat dan positif antara penggunaan media sosial (studi korelasi: tiktok @buyayahyaofficial) (X) terhadap perubahan perilaku (Y) dibuktikan dari r = 0,726. Dan kontribusi atau sumbangan yang diberikan variabel X (pengaruh penggunaan media sosial) terhadap variabel Y (perubahan perilaku) sebesar 52,7%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Sosial, Tiktok, @buyayahyaofficial, Perubahan, Perilaku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 11 Aug 2023 03:10
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 03:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.