Ilmi, Yogi Ikhsan Nur (2023) Komik sebagai Media Dakwah Milenial (Analisis Isi Pesan Dakwah pada Komik di Instagram @Iqomic Founder Sandy Priya Utomo). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_1811510075_Cover.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_1811510075_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_1811510075_Bab I.pdf Download (486kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_1811510075_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (660kB) |
||
Teks
S_KPI_1811510075_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (355kB) |
||
Teks
S_KPI_1811510075_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_KPI_1811510075_Bab V.pdf Download (286kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_1811510075_Daftar Pustaka.pdf Download (406kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komik bisa menjadi media dalam menyampaikan kebaikan atau dalam agama Islam bisa disebut sebagai dakwah. banyak dari kalangan pemuda yang menggunakan komik sebagai media berdakwah. Iqomic adalah salah satu akun instagram yang menggunakan komik web sebagai media dakwah, memiliki pengikut atau followers yang cukup banyak dan postingan yang dipublish. Lebih dari 475 ribu akun yang mengkutinya juga 248 ribu postingan yang diunggahnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Bagaimana kategorisasi pesan dakwah yang terkandung dalam komik pada akun instagram @iqomic?. Apa isi pesan dakwah yang terkandung dalam komik pada akun instagram @iqomic?. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi yang bersifat kuantitatif yaitu suatu teknik penelitian ilmiah yang ditunjukan untuk mengetahui gambaran karakteristik isi dan menarik inferensi dari isi. Analisis isi ditujukan untuk mengidentifikasi secara sistematis isi komunikasi yang tampak dan dilakukan secara objektif, valid, reliabel dan dapat direplikasi. Hasil dari Kategori pesan dakwah pada komik yang paling dominan dalam unggahan akun iqomic adalah pesan akhlak yang mempunyai nilai sebesar (36.67%), pesan akidah sebagai peringkat kedua setelah pesan akhlak yang mempunyai nilai sebesar (26.67%) pesan syariah yang mempunyai nilai sebesar (23.33%), dan yang paling rendah adalah pesan mu’amalah yang mempunyai nilai sebesar (13.33%). Dari masing-masing presentase dominan pesan dakwah tersebut mempunyai isi pesan dakwah yang berbeda-beda seperti pesan akhlak kepada manusia, pesan akidah ruhaniyah dan samiyah, pesan syariah yang meliputi syariat suatu ibadah, dan pesan muamalah tentang hukum yang mengatur tata kehidupan sosial.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pesan, Dakwah, Komik, Instagram, Milenial, Iqomic |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 11 Aug 2023 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12974 |
Actions (login required)
Lihat Item |