Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Modern As-Shof Pandeglang dan Pesantren Modern Darul Aqil Kota Serang

Zulpikar, Fikri (2023) Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Modern As-Shof Pandeglang dan Pesantren Modern Darul Aqil Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_202630008_COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (697kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (756kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Teks
T_MPI_202630008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari manajemen strategi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pesantren As-shof Pandeglang dan pesantren modern Darul Aqil Kota Serang dari tahap formulasi strategi, tahap implementasi strategi dan tahap evaluasi strategi. Penelitian ini merupakan penelitian tentang manajemen strategi dengan menggunakan pendekatan studi kasus dalam hal ini dengan mengamati manajemen strategi yang diterapkan pondok pesantren dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pesantren. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif maka data-data yang dibutuhkan berupa perkataan, catatan/tulisan, rekaman, gambar, dan lainya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tekhnik observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi/ menyalin baik dari sumber data primer yang diperoleh langsung dari responden mengenai manajemen strategi yang diterapkan pesantren As-shof Pandeglang dan pesantren Darul Aqil Kota Serang dalam mutu pendidikan, sedangkan data sekunder berupa teori-teori manajemen strategi, serta data penunjang lainnya diperoleh langsung dari kepustakaan, jurnal dan dokumentasi pondok pesantren. Adapun dalam menganalisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan manajemen strategik mutu pendidikan di pesantren modern As-shof Pandeglang meliputi formulasi strategi yang di tuangkan dalam rencana kerja pesantren, aspek rencana kerja ini dijadikan sebagai acuan dalam menentukan program. Implementasi strategi berupa pembinaan peningkatan kompetensi santri, pengembangan sarana dan prasarana pesantren dan peningkatan kompetensi pendidik dan evaluasi strategi yaitu rapat pimpinan, rapat tahunan, rapat kordinasi. Sedangkan di Pesantren Darul Aqil Kota Serang meliputi formulasi strategi yaitu menyusun program unggulan yaitu pembimbingan khusus pada program yaitu sains, bahasa, tahfidz dan olahraga, mengadakan les pengayaan untuk semua siswa diluar jam pelajaran inti. Implementasi strategi yang dilakukan yaitu fokus peningkatan mutu pesantren terdapat tiga program unggulan yaitu, pembinaan tahfidz, pembiasaan berbahasa arab inggris dan teknologi, dan evaluasi strategi yang dilakukan yaitu evaluasi rutin, evaluasi divisi, evaluasi umum.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Strategi, Peningkatan Mutu dan Pendidikan Pesantren
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 08:24
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.