Dampak Puasa Senin Kamis Terhadap Nilai Spiritual dan Sosial Study Living Hadis di Pondok Pesantren Nurul Bantany Kota Serang

Iskandar, Nur (2023) Dampak Puasa Senin Kamis Terhadap Nilai Spiritual dan Sosial Study Living Hadis di Pondok Pesantren Nurul Bantany Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IH_181370030_COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Teks
S_IH_181370030_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IH_181370030_BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Teks
S_IH_181370030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (366kB)
[img] Teks
S_IH_181370030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (685kB)
[img] Teks
S_IH_181370030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (632kB)
[img] Teks
S_IH_181370030_BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Teks
S_IH_181370030_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Penelitian tentang dampak puasa sunnah senin kamis Terhadap Nilai Spiritual dan Sosial dilatar belakangi dengan kegiatan puasa senin kamis yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Nurul Bantany Kota Serang, seperti yang sudah kita sama-sama ketahui Seperti dalam rukun Islam yang ke-4 yaitu puasa, Puasa merupakan ibadah yang telah lama berkembang dan dilaksanakan oleh manusia sebelum Islam Dalam hal ini peneliti ingin meneliti terkait kegiatan puasa sunnah senin kamis yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul bantany karena di anggap perlu di teliti. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis kemudian mengangkat beberapa rumusan masalah terkait dengan permasalahan yang akan dibahas yakni sebagai berikut : 1. Apakah terdapat dampak Spiritual bagi santri pondok Pesantren Nurul Bantany yang melaksanakan puasa senin kamis. 2. Apakah terdapat dampak Sosial bagi santri pondok Pesantren Nurul Bantany yang melaksanakan puasa senin kamis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan mengunakan pendekatan teori Behavioral Sosiologi. Terhadap Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis dengan strategi interpretasi emik dan etik yaitu memahami data yang sudah terkumpul melalui observasi dan wawancara di lapangan kemudian disusun dan dilaporkan apa adanya sesuai hasil dari lapangan. Hasil dari penelitian ini terhadap dampak puasa senin kamis bagi santri yang melaksanakanya ialah, dilihat dari dampak spiritual para santri yang melakukan puasa sunnah senin kamis diantaranya ketaatan dalam beribadah semakain baik, hubungan antara satu samalain semakin baik dan dampak sosial bagi santri yang melakukan puasa sunnah senin kamis ialaha hubungan individu satu sama lain terjalin dengan baik, pola komunikasi yang terjalain dengan baik dan kegiatan�kegiatan sosial yang berlangsung dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Puasa, Dampak, Studi Living Hadis
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 08:39
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 08:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.