Yaqin, Nurul Ainul (2023) Efektifitas Penggunaan Media Kartu Fiqih Cerdas Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa (Studi Eksperimen di Mts. Masyariqul Anwar Caringin). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210122_Cover.pdf Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210122_Lampiran Depan.pdf Download (754kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210122_BAB I.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210122_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (313kB) |
||
Teks
S_PAI_181210122_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (555kB) |
||
Teks
S_PAI_181210122_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (684kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210122_BAB V.pdf Download (135kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210122_Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan penggunaan Media Kartu Fiqih Cerdas terhadap hasil belajar siswa di Mts. Masyariqul Anwar Caringin , dan juga mengetahui berapa besar perbandingan antara hasil belajar Fiqih antara kelas Eksperimen dengan kelas Kontrol. Peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan juga test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Eksperimen, yang bertujuan untuk menguji efektif atau tidaknya variabel eksperimen, dengan mengambil populasi siswa kelas VIII Mts Masyariqul Anwar Caringin dengan Sample berjumlah 2 kelas, yaitu kelas (VIII – A) sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 dan kelas (VIII – B) sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Jadi total jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 64 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran kartu fiqih cerdas dengan hasil belajar fiqih siswa yang menggunakan metode ceramah, hal ini nampak dari hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dari hasil perhitungan, dimana rata-rata hasil hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,87, dan hasil belajar kelas Kontrol sebesar 68,12, dan hasil uji t diketahui Thitung sebesar 24.5633. Didapatkan Ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1.6698. Jadi nilai t hitung > t tabel (24.5633 > 1.6698). Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan pada kelas yang menggunakan media pembelajaran kartu fiqih cerdas/ kelas eksperimen dengan hasil belajar fiqih siswa yang menggunakan metode ceramah/ kelas kontrol.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penggunaan Media Kartu Fiqih Cerdas, Hasil Belajar Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 04 Aug 2023 08:30 |
Perubahan Terakhir: | 04 Aug 2023 08:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12865 |
Actions (login required)
Lihat Item |