Layanan Informasi dalam Mencegah Bullying pada Anak (Studi di LKSA Daar El Sa’ad, Kec. Cimanuk, Kab. Pandeglang)

Salsabila, Tasya (2023) Layanan Informasi dalam Mencegah Bullying pada Anak (Studi di LKSA Daar El Sa’ad, Kec. Cimanuk, Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520051_COVER.pdf

Download (305kB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (615kB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (476kB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (448kB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Teks
S_BKI_191520051_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Bullying merupakan perilaku yang memiliki dampak berbahaya dalam keberlangsungan tahap perkembangan manusia. Masalah bullying yang peneliti temukan yaitu pada remaja awal yang disinggung dan dijauhi oleh teman-temannya, korban menjadi tidak percaya diri, hingga kesulitan bersosialisasi karena merasa takut dianggap salah. Kurangnya pemahaman dan kesadaran sejak dini tentang bahaya dari dampak bullying membuat individu tidak segan untuk berperilaku dan berkata seenaknya tanpa memikirkan perasaan orang lain. Maka dari itu, penting untuk memberikan edukasi pada anak sebelum memasuki tahap remaja. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui layanan informasi dalam mencegah bullying pada anak tahap akhir. 2) Untuk mengetahui hasil layanan informasi dalam mencegah bullying pada anak tahap akhir. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan masalah dan hasil dari penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tahap akhir usia 10-11 tahun yang berinisial FR, NN, LK, SMF, SS, MNA, HMH, J, MM, dan RAD. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-struktur, observasi terbuka, dan dokumentasi. Analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji validitas data dari penelitian ini digunakan triangulasi teknik. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) layanan informasi dalam mencegah bullying pada anak tahap akhir menggunakan teknik ceramah, tanya jawab dan diskusi format kelompok, karena responden masih anak-anak maka ada ice breaking yang diselipi materi untuk menumbuhkan antuasiasme. 2) hasil dari layanan informasi dalam mencegah bullying pada anak tahap akhir ialah responden sudah memahami dan sadar dengan diterapkannya BMB3 yaitu Berpikir dengan mampu mengidentifikasi perilaku atau perkataan bullying, Merasa dengan mampu mengasihani korban, Bersikap menahan diri untuk tidak ikut-ikutan mem-bully, Bertindak mengingatkan untuk tidak melakukan bullying atau melaporkan kepada pengurus maupun orang tua, dan Bertanggung jawab dengan bersedia meminta maaf serta menerima hukumannya, namun ada salah satu responden yang memerlukan tindak lanjut konseling individual dalam pembentukan karakter yang positif

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dr. Kholid Suhaemi, M.S.I. Pembimbing II: Dra. Eni Nur’aen.SI.
Kata Kunci (keywords): Information Services, Late Stage Children, Preventing Bullying
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 08:07
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 06:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.