Peran Konselor Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kota Cilegon Banten Dalam Menurunkan Kecemasan Istri Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT)

Sari, Nilam (2023) Peran Konselor Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kota Cilegon Banten Dalam Menurunkan Kecemasan Istri Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520026_Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_Lampiran Depan.pdf

Download (935kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (643kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (655kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Teks
S_BKI_191520026_Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstrak

Banyak terjadi KDRT di Kota Cilegon. Beberapa orang yang mengalaminya memberanikan diri melaporkan hal tersebut ke UPTD PPA Kota Cilegon. Istri korban KDRT yang mengalami kecemasan akan diberi layanan konseling. Konseling dilakukan agar konseli kembali memiliki semangat hidup, mengetahui kekurangan dan kelebihannya, serta dapat menata masa depan dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana program konseling yang disediakan oleh konselor di UPTD PPA Kota Cilegon dalam menurunkan kecemasan istri korban KDRT? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi konselor dalam menurunkan kecemasan istri korban KDRT? Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: 1) Mengetahui program konseling yang disediakan di UPTD PPA Kota Cilegon dalam menurunkan kecemasan istri korban KDRT, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi konselor dalam menurunkan kecemasan istri korban KDRT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilakukan dengan cara mengamati subjek, berinteraksi, kemudian menjabarkan hasilnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 2 konselor UPTD PPA Kota Cilegon, Irgahayu Madhina dan Ika Rizki Ramadhani. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran konselor sangat penting dengan menyediakan: 1) Program konseling untuk menurunkan kecemasan istri korban kekerasan dalam rumah tangga yang disediakan oleh konselor Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kota Cilegon adalah konseling (konseling individu dan kelompok) dan psikoterapi (empati terapi, transpersonal terapi, logoterapi). 2) Faktor pendukung dalam menurunkan kecemasan istri korban kekerasan dalam rumah tangga adalah adanya kesiapan, support system, coping strategy, pendidikan konseli, dan keterbukaan. Faktor penghambat dalam menurunkan kecemasan istri korban kekerasan dalam rumah tangga adalah denial, support system yang tidak mendukung, pendidikan rendah, kecerdasan dibawah rata-rata, ketidak terbukaan konseli, sering mabuk dan judi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konselor, Kecemasan, Istri Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2023 07:57
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 06:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.