Strategi Pencegahan Stunting Melalui Deteksi Dini dan Edukasi Orang Tua di Bayongbong Desa Linduk Kecamatan Pontang

Damyanti, Sri (2023) Strategi Pencegahan Stunting Melalui Deteksi Dini dan Edukasi Orang Tua di Bayongbong Desa Linduk Kecamatan Pontang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Lampiran Depan.pdf

Download (736kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Bab I.pdf

Download (282kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (169kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (215kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260013_Daftar Pustaka.pdf

Download (845kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana strategi pencegahan stunting melalui deteksi dini dan edukasi orang tua di kampung bayongbong desa linduk kecamatan pontang; 2) mengetahui bagaimana hambatan dalam menerapkan strategi pencegahan stunting melalui deteksi dini dan edukasi orang tua di kampung bayongbong desa linduk kecamatan pontang. Penelitian dilakukan di lingkungan kampung bayongbong desa linduk kecamatan pontang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu orang tua dilingkungan kampung bayongbong desa linduk kecamatan pontang. Sumber data penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan data yang dilakukan pengecekan atau membandingkan data. Keabsahan data untuk membuktikan apakah penelitian benar-benar merupakan penelitian ilmiah sekaligus untuk menguji data yang diperoleh, uji keabsahan terdiri dari kredibilitas (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) menerapkan strategi pencegahan stunting melalui deteksi dini dan edukasi orang tua; yang meliputi mengikuti kegiatan posyandu baik itu penyuluhan stunting dan deteksi dini seperti pengukuran tinggi badan, lingkar kepala, dan penimbangan berat badan anak, melakukan penerapan pengecekan deteksi dini dirumah untuk menjaga kurva tumbuh kembang anak, dan orang tua menerapkan strategi pencegahan stunting melalui deteksi dini dan edukasi orang tua. 2) menerapkan strategi pencegahan stunting melalui deteksi dini dan edukasi orang tua memiliki beberapa faktor hambatan dalam melaksanakan tersebut yaitu : waktu posyandu selalu bersamaan waktu kegiatan lain seperti kerja pabrik dan sawah, kurangnya informasi, dan tidak memiliki alat deteksi dini di rumah seperti timbangan badan, alat pengukuran tinggi badan, dan lingkar kepala.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Orang Tua, Strategi Pencegahan Stunting, Deteksi Dini dan Edukasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 14 Jun 2023 08:16
Perubahan Terakhir: 16 Jun 2023 02:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.