Implementasi Pendidikan Akhlaq Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam Pembentukkan Sikap Ta’zhim Siswa di SMK Al-Hikmah

Dinaryanti, Mega (2023) Implementasi Pendidikan Akhlaq Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam Pembentukkan Sikap Ta’zhim Siswa di SMK Al-Hikmah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_161210165_Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (829kB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (299kB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (423kB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_PAI_161210165_Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi moral di kalangan pelajar Indonesia umumnya yang sudah semakin mengalami degradasi, khususnya dalam konteks sikap ta’zhim dan ta’dib. Kondisi tersebut tampak berbeda dengan para santri yang mengikuti proses pendidikan di pondok pesantren. Sedangkan seharusnya konsep pendidikan yang ideal itu harus diterapkan di semua lembaga pendidikan, bukan hanya pesantren. Dalam hal ini urgensi nya sikap ta’zhim karena adab berada di atas ilmu. SMK Al-Hikmah merupakan sekolah kejuruan yang memadukan kurikulum nasional dan kegiatan-kegiatan keagamaan. Di dalamnya sarat dengan kultur pesantren dan kental akan suasana ala pondok pesantren salafiyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan akhlaq dengan kitab Ta’lim Al-Muta’allim yang efektif untuk digunakan dalam pelaksanaan pembentukkan sikap ta’zhim pada siswa SMK Al-Hikmah dan bagaimana implementasi sikap ta’zhim dari hasil pendidikan akhlaq tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, FGD, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendidikan akhlaq dengan kitab Ta’lim Al-Muta’allim di SMK Al-Hikmah menggunakan metode bandongan, sorogan, dan munazarah. Selain itu pembentukkan sikap ta’zhim dilakukan melalui pemberian ilmu pengetahuan, motivasi, pembiasaan, tauladan, perlibatan, nasihat, mudzakarah, dan melalui tata tertib serta sanksi. Semua dijadikan dalam satu komponen peraturan sekolah SMK Al-Hikmah sehingga siswa dapat mengaplikasikan pendidikan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (2) Implementasi sikap ta’zhim di SMK Al-Hikmah sangat dikatakan baik. Hal ini terbukti dalam sikap siswa terhadap guru, teman bahkan bagaimana mereka memperlakukan buku-buku pelajarannya disertai kesadaran akan urgensi adab terutama ketika dalam proses menuntut ilmu. Walaupun siswa berasal dari berbagai latar belakang, mereka masih sangat menjunjung tinggi sikap ta’zhim.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Akhlaq, Ta’lim Al-Muta’allim, Ta’zhim
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Jun 2023 08:23
Perubahan Terakhir: 05 Jun 2023 08:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.