Ashimah, Uum (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_152400878_Cover.pdf Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_152400878_Lampiran Depan.pdf Download (528kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_152400878_BAB I.pdf Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_152400878_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (201kB) |
||
Teks
S_PGMI_152400878_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (444kB) |
||
Teks
S_PGMI_152400878_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (274kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_152400878_BAB V.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_152400878_Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa bahasa Indonesia pada pokok bahasan karangan cerita. Penelitian ini dilakukan di kelas V MIT Mathlaul Anwar di Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Penelitian ini dalam metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest one group design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Tangerang. Sampel yang diambil adalah kelas V dengan jumlah 21 siswa di MIT Mathlaul Anwar. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode bercerita memperoleh rata-rata nilai posttest 73,31, sedangkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) memperoleh rata-rata nilai pretest 32,69. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berbicara bahasa Indonesia pada materi menggali informasi tentang karangan bebas kelas V yang diajarkan dengan menggunakan metode bercerita lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) (thitung > ttabel yaitu 0,05 > 6.912). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode bercerita terhadap kemampuan berbicra siswa bahasa Indonesia pada pokok bahasan karangan bebas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode bercerita, kemampuan berbicara |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Mei 2023 06:49 |
Perubahan Terakhir: | 31 Mei 2023 06:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12522 |
Actions (login required)
Lihat Item |