Pengaruh Social Marketing dan Kepekaan Sosial Terhadap Jumlah Donatur ZIS di Saat Pandemi (Studi Kasus LAZ Harfa Banten)

Purwanto, Anton (2023) Pengaruh Social Marketing dan Kepekaan Sosial Terhadap Jumlah Donatur ZIS di Saat Pandemi (Studi Kasus LAZ Harfa Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310056_Cover.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310056_Lampiran Depan.pdf

Download (864kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310056_BAB I.pdf

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_ES_182310056_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (566kB)
[img] Teks
T_ES_182310056_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img] Teks
T_ES_182310056_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (388kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310056_BAB V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310056_Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social marketing dan kepekaan sosial memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap jumlah donatur Zakat Infak, dan Sedekah (ZIS) di saat pandemi Covid-19 pada Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa Banten. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Objek dari penelitian ini adalah LAZ Harapan Dhuafa Banten, dimana sampel yang diambil sebanyak 30 responden dari tenaga amil LAZ Harfa Banten pada periode November 2021. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji prasyarat (uji asumsi klasik). analisa regresi berganda, uji F dan uji T dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 26.0 untuk membuktikan setiap hipotesis penelitian ini. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel Social Marketing (X1) tidak terdapat pengaruh atau berpengaruh negatif dan tidak siginifikan terhadap Jumlah Donatur ZIS (Y), dimana thitung < ttabel yakni 1,638 < 1.701. (2) secara parsial variabel Kepekaan Sosial (X2) terdapat pengaruh signifikan atau berpengaruh positif terhadap Jumlah Donatur ZIS (Y), dimana t hitung > t tabel yakni 2,688 > 1.701. (3) secara simultan variabel Social Marketing (X1) dan Kepekaan Sosial (X2) terdapat pengaruh terhadap Jumlah Donatur ZIS (Y) secara positif dan signifikan, dimana Fhitung > Ftabel (15,068 > 3,34). Sehingga dengan demikian kedua variabel ini dapat menjadi faktor yang mempengaruhi jumlah donatur ZIS di LAZ Harfa Banten di saat pandemi, oleh karenanya program Social Marketing dan program gotong-royong yang menumbuhkan kepekaan sosial perlu dipetahankan di LAZ Harapan Dhuafa Banten. Bagi para peneliti lain yang tertarik untuk pengembangan penelitian di LAZ Harfa Banten ini dapat menambah variabel lain yang mempengaruhi jumlah donatur ZIS.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Social Marketing, Kepekaan Sosial, Jumlah Donatur ZIS
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Magister > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2023 06:44
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2024 08:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.