Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Batuceper 1

Solihah, Fira Faridatus (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Batuceper 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240019_Cover.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240019_Lampiran Depan.pdf

Download (749kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240019_BAB I.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240019_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (193kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240019_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240019_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (697kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240019_BAB V.pdf

Download (67kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240019_Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran comic book untuk meningkatkan kemampuan HOTS pada pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Batuceper 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, hasil tes serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji kelayakan ahli media memperoleh persentase 90,76% dan hasil uji kelayakan ahli materi memperoleh persentase 91,66% dari keduanya termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Adapun hasil rerata uji kelayakan memperoleh persentase 98,90% termasuk ke dalam kriteria sangat layak untuk diuji coba ke lapangan. Sedangkan, hasil uji keefektifan menggunakan hasil tes pretest dan posttest pada uji lapangan memperoleh persentase 0,70 ≤ (g) ≤ 1,00 adalah 0,82 yang termasuk ke dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil kelayakan dan hasil keefektifan maka media pembelajaran comic book untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa layak dan efektif digunakan dalam membantu pemahaman siswa, menarik perhatian dan minat belajar siswa serta melatih kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Batu Ceper 1 Kota Tangerang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran comic book, Kemampuan HOTS, Pembelajaran IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Apr 2023 03:45
Perubahan Terakhir: 13 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12004

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.