Kurniyasih, Evi (2023) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Wall Chart Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210045_Cover.pdf Download (22kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210045_Lampiran Depan.pdf Download (624kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210045_BAB I.pdf Download (245kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210045_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (324kB) |
||
Teks
S_PAI_161210045_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (480kB) |
||
Teks
S_PAI_161210045_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (439kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210045_BAB V.pdf Download (76kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210045_Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar wall chart terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Cilegon, dan mengetahui tingkat pengaruh penggunaan bahan ajar wall chart terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Cilegon. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar sering kali tidak sesuai dengan yang dibutuhkan siswa, sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran yang dapat mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal, peneliti berusaha menerapkan penggunaan bahan ajar wall chart dalam bentuk bagan dinding skematik untuk membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar sehingga hasil belajar meningkat dan terpenuhinya tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data tes penilaian menggunakan pretest dan posttest juga dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil kelas kontrol hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) mendapatkan skor rata-rata 8,75 sedangkan setelah diberi perlakuan (posttest) mendapat skor rata-rata 8,60, dan kelas kontrol hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) mendapatkan skor rata-rata 8,20 sedangkan setelah diberi perlakuan (posttest) mendapat skor rata-rata 8,30. Persentase kenaikan hasil belajar sebesar kelas eksperimen menggunakan bahan ajar Walla Chart yaitu 6,7% dan Analisis Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-test pada kedua kelas yaitu uji T-Test pretest dan posttest signifikan 2-taled kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hasil signifikan 0,574. Maka dengan hasil signifikan > dari 0,05 maka H1 ditolak dengan kata lain tidak terdapat perbedaan yang signifikan menurut tingkat kepercayaan 95% maka hasilnya tidak terdapat pengaruh signifikan penggunaan bahan ajar wall chart terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 2 Cilegon.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bahan ajar, wall chart, hasil belajar, PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 12 Apr 2023 02:45 |
Perubahan Terakhir: | 12 Apr 2023 02:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11961 |
Actions (login required)
Lihat Item |