Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Kognitif (PTK di Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI MTs Al-I’anah Kota Cilegon)

Gholiyah, Umrotul (2023) Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Kognitif (PTK di Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI MTs Al-I’anah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210201_Cover.pdf

Download (110kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210201_Lampiran Depan.pdf

Download (815kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210201_BAB I.pdf

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210201_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (237kB)
[img] Teks
S_PAI_181210201_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (363kB)
[img] Teks
S_PAI_181210201_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (601kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210201_BAB V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210201_Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran talking stick dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Al-I’anah Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas VII A MTs Al-I’anah Kota Cilegon tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data pada observasi awal, siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dakwah periode mekkah di kelas VII A MTs Al’I’anah Kota Cilegon tahun ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dakwah periode Mekkah dari observasi awal sebesar 13% lalu meningkat menjadi 43% pada siklus 1 kemudian meningkat lagi menjadi 87% pada siklus 2.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penelitian Tindakan Kelas, Talking Stick, Hasil Belajar Aspek Kognitif
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2023 02:40
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2023 02:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11414

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.