Gholiyah, Umrotul (2023) Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Kognitif (PTK di Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI MTs Al-I’anah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210201_Cover.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210201_Lampiran Depan.pdf Download (815kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210201_BAB I.pdf Download (263kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210201_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
Teks
S_PAI_181210201_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (363kB) |
||
Teks
S_PAI_181210201_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (601kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210201_BAB V.pdf Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210201_Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran talking stick dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Al-I’anah Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas VII A MTs Al-I’anah Kota Cilegon tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data pada observasi awal, siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dakwah periode mekkah di kelas VII A MTs Al’I’anah Kota Cilegon tahun ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dakwah periode Mekkah dari observasi awal sebesar 13% lalu meningkat menjadi 43% pada siklus 1 kemudian meningkat lagi menjadi 87% pada siklus 2.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penelitian Tindakan Kelas, Talking Stick, Hasil Belajar Aspek Kognitif |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2023 02:40 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2023 02:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11414 |
Actions (login required)
Lihat Item |