Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI (Materi Kebijakan dan Strategi Dakwah Khulafaur Rasyidin)(Studi Eksperimen di MA MALNU Pusat Menes Kabupaten Pandeglang)

Sumartini, Neni (2023) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI (Materi Kebijakan dan Strategi Dakwah Khulafaur Rasyidin)(Studi Eksperimen di MA MALNU Pusat Menes Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210030_Cover.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210030_Lampiran Depan.pdf

Download (591kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210030_BAB I.pdf

Download (592kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_161210030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_PAI_161210030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (368kB)
[img] Teks
S_PAI_161210030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (662kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210030_BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210030_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini yaitu dalam pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) pengajar cenderung menggunakan metode atau model pembelajaran yang sedikit melibatkan siswa dan seringnya hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam sehingga terjadinya minat yang kurang dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten pandeglang, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat menes kabupaten pandeglang, dan mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten Pandeglang, dan manfaat dari penelitian ini yaitu agar siswa lebih antusias dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga materi yang dipelajari dapat tersampaikan dengan baik. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Design populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA MALNU Pusat Menes kabupaten Pandeglang dengan jumlah 960 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran SKI di kelas X MA MALNU pusat Menes kabupaten Pandeglang dapat digunakan dengan baik, minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten pandeglang setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw memberikan peningkatan minat yang signifikan, Efektifitas Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA MALNU Pusat Menes kabupaten pandeglang terdapat peningkatan yang signifikan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas X pada mata pelajaran SKI. Dengan mengunakan perhitungan uji-t Maka diperoleh Thitung (15,48) > Ttabel (2,012) pada taraf signifikan 5% yang berarti terdapat peningkatan minat belajar setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika t hitung > t table maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis (Ho) ditolak. Dengan demikian terdapat peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Minat Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 07:09
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.