Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Dinasti Ayyubiyah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Di Kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pontang Kab. Serang)

Wasiah, Erni (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Dinasti Ayyubiyah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Di Kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pontang Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210112_Cover.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210112_Lampiran Depan.pdf

Download (702kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210112_BAB I.pdf

Download (325kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210112_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (494kB)
[img] Teks
S_PAI_181210112_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (475kB)
[img] Teks
S_PAI_181210112_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (749kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210112_BAB V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210112_Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan keefektifitasan media pembelajaran spinning wheel untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Dinasti Ayyubiyah mata pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pontang Kab. Serang. Manfaat penelitian ini bagi penulis diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman tentang pengembangan media pembelajaran spinning wheel, sehingga dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan, bagi pengguna dengan adanya media pembelajaran spinning wheel diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan serta menambah semangat dan motivasi belajar siswa dalam belajar untuk mampu menghidupkan kreativitas berperan aktif dalam belajar. Pada proses penelitian ini, peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono yang menggunakan tujuh tahapan diantaranya identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara dan angket. Subjek dalam penilitian ini adalah siswa/I kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pontang Kabupaten Serang. Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu: Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Dosen Ahli, dan (31) siswa/I dari kelas VIII. Teknik analisisnya Data Kualitatif dan Data Kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran spinning wheel yang sangat efektif memperoleh presentase 92%, 84%, 92%, 85,48% jika dirata-ratakan termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Dan motivasi belajar siswa di kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pontang Kab. Serang mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran spinning wheel pada materi dinasti ayyubiyah mata pelajaran SKI, yaitu dengan perolehan presentase 47,25% sebelum menggunakan media pembelajaran spinning wheel menjadi 88,87% setelah menggunakan media pembelajaran spinning wheel.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Spinning Wheel
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 03:09
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.