الجناس في الأحاديث الشريفة من كتاب بلوغ المرام (دراسة بلاغية)

Sugiyanti, Sugiyanti (2023) الجناس في الأحاديث الشريفة من كتاب بلوغ المرام (دراسة بلاغية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360102_COVER.pdf

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360102_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (570kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360102_BAB I.pdf

Download (432kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360102_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (481kB)
[img] Teks
S_BSA_181360102_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (469kB)
[img] Teks
S_BSA_181360102_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (599kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360102_BAB V.pdf

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360102_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Keistimewaan bahasa didalam Hadits merupakan aspek kemukjizatan yang ditunjukkan kepada masyarakat Arab. Hingga era modern ini, bahasa dalam Hadits tetap mengandung pesona tersendiri bagi umat manusia khususnya bagi pengamat sastra. Karena Hadits memuat nilai sastra yang tinggi dengan ungkapan bahasa yang indah baik dari segi lafal maupun makna. Salah satu bentuk keindahan bahasa Hadits adalah ungkapan jinas. Jinas adalah kesesuaian dua lafal dalam pengucapan sedangkan artinya berbeda. Penelitian ini tentang Jinas dalah Hadis Kitab Bulughul Maram, merupakan studi analisis balaghah. Jinas adalah sebagian dari Muhassinat Lafdziyah, Jinas adalah persamaan dua lafadz yang berbeda dalam segi makna. Jinas merupakan pengetahuan yang cukup penting untuk bisa memahami dan mengeluarkan gagasan gagasan yang terdapat dalam hadits-hadits Nabi sehingga hadist tersebut dapat dipahami dengan sebaik-baiknya. Memperdalam pemahaman dan mengetahui jinas adalah suatu hal yang penting untuk bisa mempelajari Bahasa yang indah dalam hadits Nabi. Peneliti memilih Kitab Bulughul Maram ini karena merasa tertarik dengan jinas dalam hadits ini yang sudah sangat popular dikalangan para pelajar sebagai bahan acuan dalam bidang ilmu balagahah khususnya, dan alasan peneliti memilih kitab Bulghul Maram karena cocok untuk diteliti menggunakan teori jinas. Adapun rumusan dan tujuan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Hadis mana saja yang terkandung didalamnya uslub jinas, 2).Ada berapa macam jinas yang terkandung dalam Hadis Kitab Bulughul Maram. 3). Apa makna uslub jinas didalam hadits ktab bulughul maram?. Adapun tujuan dari rimusan masalah yaitu untuk mengetahui berapa jumlah jinas yang terdapat dalam hadits Bulughul maram, untuk mengetahui macam jinas yang terkandung dalam hadits kitab Bulughul Maram, dan untuk mengetahui makna jinas dalam hadist kitab Bulughul Maram Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data yaitu data primer yaitu kitab Bulughul Maram dan data sekunder yaitu buku-buku referensi. Pengumpulan data melalui studi pustaka, yakni menelaah terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan dan laporan yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini yaitu bahwa jenis-jenis jinas dalam hadist Nabi tersebut ada dua bagian : Jinas At-Tam berjumlah 9, dan Jinas Gairu At-tam berjumlah 19, serta makna uslub jinas yang terdapat dalam hadits Bulughul Maram. Dari penelitian diketahui bahwa makna-makna dalam jinas tersebut persamaan lafadz tetapi berbeda dalam makna.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Feb 2023 03:42
Perubahan Terakhir: 08 Feb 2023 03:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.