Implementasi Literasi Digital Untuk Meningkatkan Karakteristik Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus di SMA PGRI Balaraja)

Tidak Dijelaskan Implementasi Literasi Digital Untuk Meningkatkan Karakteristik Religius Pada Peserta Didik (Studi Kasus di SMA PGRI Balaraja). Diploma atau S1 thesis, Tidak Dijelaskan.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210079_COVER.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210079_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (664kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210079_BAB I.pdf

Download (304kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_PAI_181210079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (217kB)
[img] Teks
S_PAI_181210079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (186kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210079_BAB V.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210079_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masyarakat saat ini dijadikan titik fokus sebagai penggerak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan seperti dalam dunia perekonomian, kesehatan, sosial, dan pendidikan. Hadirnya teknologi dapat dikatakan sebagai penyeimbang kemajuan negara lain dan sebagai penyelesaian masalah kehidupan. Salah satu problem yang sangat krusial saat ini ada dalam dunia pendidikan yakni masalah karakter siswa. Kelebihan media digital dinilai efektif dan efisien untuk mengembangkan pengetahuan agama kepada peserta didik secara up to date sehingga mampu mendongkrak perubahan perilaku dalam meningkatkan kualitas diri salah satunya karakter religius pada peserta didik.1) Penelitian ini bertujuan Untuk memahami implementasi literasi digital pada mata pelajaran PAI di SMA PGRI BALARAJA, 2) Untuk mengetahui karakter religius peserta didik kelas XII di SMA PGRI BALARAJA, 3) Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penerapan literasi digital dalam meningkatkan karakter religius peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA PGRI BALARAJA dengan subjek informasi Kepala Sekolah, Guru PAI, Bag. TU, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Karakter religius peserta didik kelas XII di SMA PGRI BALARAJA sesuai dengan indikator karakter religius yang ditetapkan guru PAI di sekolah, 2) Pelaksanaan literasi digital di SMA PGRI BALARAJA diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan kajian yang akan didiskusikan berupa kajian nilai-nilai karakter religius yang dapat diakses melalui media online youtube dan google, kegiatan dilakukan selama 15 menit sebelum mulai mapel PAI, peserta didik menganalisis lalu diminta untuk maju kedepan untuk menyimpulkannya untuk kemudian peserta didik mengambil pelajarannya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Guru menilai dengan tes lisan dan pengisian kuesioner penilaian sikap untuk menetapkan tingkat karakter religius yang dimiliki peserta didik, 3) Kegiatan literasi digital di SMA PGRI BALARAJA memberikan dampak positif yakni peserta didik lebih taat beribadah, pengetahuan keagamaan lebih luas, kreatif serta berperilaku sopan dan menjunjung tinggi toleransi terhadap warga sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 04:07
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 04:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.