Peranan Guru Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Siswa (Studi Kasus di Kelas VII SMPIT Hidayatut Thalibin Kota Serang)

Jumanah, Jumanah (2023) Peranan Guru Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Siswa (Studi Kasus di Kelas VII SMPIT Hidayatut Thalibin Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210073_Cover.pdf

Download (115kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210073_Lampiran Depan.pdf

Download (665kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210073_BAB I.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210073_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (693kB)
[img] Teks
S_PAI_171210073_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (199kB)
[img] Teks
S_PAI_171210073_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (665kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210073_BAB V.pdf

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210073_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode dan strategi mengajar guru baca tulis Al-Qur’an dalam peningkatan minat baca Al-Qur’an siswa dan untuk mengetahui bagaimana peranan guru mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam peningkatan minat baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPIT Hidayatut Thalibin latar belakang masalah penelitian adalah dimana masih terdapat siswa yang bisa membaca Al-Qur’an namun tidak sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan ketika dipraktekkan cara pengucapannya masih belum sesuai dengan makhrojnya. Peranan guru dalam peningkatan minat baca tulis Al-Qur’an terhadap siswanya sangatlah penting, karena tanpa ada peran atau fungsi guru maka tidak ada siswa yang mau meningkatkan minat bacanya dalam membaca Al-Qur’an. Namun membaca dan menulis Al-Qur’an (BTQ) harus diajarkan oleh kedua orang tuanya terlebih dahulu dengan baik dan benar kepada setiap anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini yaitu Guru, Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Interview (wawancara), Dokumentasi dan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Metode dan strategi mengajar guru BTQ yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode dan strategi mengaji atau talaqqi, metode ini sudah efektif dimana metode mengaji dan talaqqi ini mudah difahami siswa dan juga pembelajarannya secara langsung berhadapan dengan guru jadi hampir semua siswa sudah bagus dalam membaca Al-Qur’an, mereka sudah mampu membaca Al-Qur’an yang sesuai kaidah ilmu tajwid dan melafalkan hurufnyapun sudah sesuai dengan makhrojnya. Kedua, Peranan guru mata pelajaran BTQ berperan sebagai Pendidik, Pengajar, Pembimbing serta selalu Memotivasi siswanya. Namun bukan hanya itu melainkan mengingatkan siswanya untuk Muraja’ah dan Semaan harus tetap dilakukan guru terhadap siswanya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peranan Guru, Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 03:03
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.