Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SD Negeri Buaran Jati II Kabupaten Tangerang

Rosdiana, Dina (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SD Negeri Buaran Jati II Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240132_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240132_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (482kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240132_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240132_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240132_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240132_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (853kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240132_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240132_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di SD Negeri Buaran Jati II Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini, subjek sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara kepala sekolah, wali kelas IV, wali kelas V, wali kelas VI, siswa kelas IV, siswa kelas V, siswa kelas VI, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui kondisi karakter siswa, dan wawancara digunakan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, verifikasi atau penarik kesimpulan. Berdasarkan tempatnya dan objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima indikator pendidikan karakter yaitu: pertama, suasana sekolah menjadi bersih, rapih dan nyaman contohnya siswa membersihkan lingkungan yang ada di sekolah. Kedua, tingkat kedisiplinan sekolah sangat tinggi contohnya guru ataupun siswa mengikuti tata tertib yang ada di sekolah. Ketiga, seluruh warga sekolah senantiasa menunjukkan sikap dan perilaku yang sopan contohnya guru memberikan contoh yang baik terhadap siswa agar mereka memiliki karakter yang baik. Keempat, kehidupan sekolah sehari-hari selalu diliputi suasana religius contohnya siswa melaksanakan sholat zuhur berjama’ah dan melaksanakan sholat dhuha setiap hari jum;at. Kelima, kejujuran menjadi bagian dari kehidupan sekolah contohnya siswa membayar dengan jumlah makanan yang di beli di kantin.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Sekolah Dasar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2023 08:41
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2023 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.